Dark/Light Mode

Ratusan Penerbangan Dibatalkan

Topan Hinnamnor Hantam Korsel, 2 Meninggal 10 Hilang

Selasa, 6 September 2022 22:35 WIB
Gelombang yang disebabkan topan Hinnamnor menghantam wilayah tepi laut Busan, Korsel, Selasa (6/9). (Foto: Reuters via The Straits Times)
Gelombang yang disebabkan topan Hinnamnor menghantam wilayah tepi laut Busan, Korsel, Selasa (6/9). (Foto: Reuters via The Straits Times)

 Sebelumnya 
Juru Bicara Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering mengatakan, sejauh ini tidak ada insiden di galangan kapalnya. Perusahaan tersebut telah menghentikan produksi pada Selasa (6/9) pagi, sesuai rencana.

Sementara produsen kapal Hyundai Heavy Industries mengatakan, pihaknya berencana melanjutkan pekerjaan pada Selasa (6/9) sore.

Kedua galangan kapal itu terletak di sekitar jalur topan.

Baca juga : Petambak Bandeng Binaan Desa BSI Ekspor Perdana Ke Korsel Dan Jepang

Korut Bersiap

Negara tetangga Korea Utara (Korut) juga bersiap menghadapi kerusakan akibat topan.

Terkait hal tersebut, Pemimpin Korut Kim Jong Un memimpin pertemuan dua hari tentang pekerjaan pencegahan bencana, dan melepaskan air dari bendungan di dekat perbatasannya dengan Korsel.

Baca juga : Bamsoet Dukung Pengembangan Hatta Memorial Heritage Virtual

Asal tahu saja. Korsel telah berulang kali mendesak Korut untuk memberikan pemberitahuan, sebelum melepaskan air dari bendungan. Karena dapat mengakibatkan banjir di hilir. Namun, Pyongyang tetap tidak merespons.

Ini adalah badai besar kedua yang melanda Korsel dalam hitungan minggu.

Bulan lalu, Seoul mengalami hujan lebat dalam beberapa dasawarsa terakhir. Musibah tersebut mengakibatkan sedikitnya sembilan orang meninggal. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.