Dark/Light Mode

Resepsi Diplomatik Di Thailand Dimeriahkan Kuliner Nusantara Hingga Peragaan Busana

Jumat, 16 September 2022 16:58 WIB
Dubes Rachmat Budiman (tengah) di acara Resepsi Diplomatik di Wisma Indonesia KBRI Bangkok, Rabu (14/9). (Foto: KBRI Bangkok)
Dubes Rachmat Budiman (tengah) di acara Resepsi Diplomatik di Wisma Indonesia KBRI Bangkok, Rabu (14/9). (Foto: KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, KBRI Bangkok menyelenggarakan Resepsi Diplomatik di Wisma Indonesia KBRI Bangkok, Rabu (14/9).

Sejak pukul 18.00 waktu setempat, para tamu undangan telah mulai berdatangan di area wisma Duta Besar Indonesia.

Hadir sejumlah pejabat Pemerintah Kerajaan Thailand seperti Ketua Ombudsman Thailand, Mr. Somsak Suwansujarit, Hakim Mahkamah Konstitusi Mr. Punya Udchachon, Ketua Komite Urusan Luar Negeri Senat Kerajaan Thailand, Senator Pikulkaew Krairiksh, dan Mr. Vijavat Isarabhakdi, Wakil Menteri Luar Negeri Thailand, Duta Besar negara sahabat, Pejabat Tinggi Organisasi Internasional serta anggota Korps Diplomatik, kalangan pengusaha, akademisi, jurnalis, dan lain-lain.

 

 

Baca juga : Resepsi Diplomatik HUT Ke-77 RI Di Brunei Pukau Ratusan Undangan

Duta Besar Rachmat Budiman menyambut hangat dan menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kehadiran tamu undangan pada Resepsi Diplomatik tersebut.

Dalam sambutannya, Dubes Rachmat menegaskan, bahwa kemitraan Indonesia dan Thailand telah berlangsung sejak jaman kerajaan dahulu kala termasuk ketika Raja Rama V Thailand mengunjungi Jawa pada abad ke-19 dan abad ke-20.

Thailand juga telah menjadi bagian dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia karena Bangkok merupakan salah satu basis lokasi bagi beberapa pejuang kemerdekaan Indonesia di luar negeri.

Bangkok juga tempat didirikannya Kantor Perwakilan Republik Indonesia di Thailand (dibaca: Indonesian Office/INDOFF) pada tahun 1947.

Usai sambutan, Dubes Rachmat mengajak para undangan melakukan toast untuk kesehatan, kesejahteraan dan kedamaian bagi Raja Vajilalongkorn dan seluruh keluarga kerajaan dan rakyat Thailand, serta toast untuk kesehatan Presiden Joko Widodo dan kesejahteraan serta kedamaian untuk seluruh rakyat dan negara Indonesia.

Baca juga : Resepsi Diplomatik HUT Ke-77 RI Di Bandar Seri Begawan Pukau Ratusan Tamu Undangan

Perayakan Hari Kemerdekaan Indonesia pada Resepsi Diplomatik tidak lengkap tanpa sajian kuliner khas nusantara. Para tamu terlihat menikmati beragam sajian makanan Indonesia seperti Nasi goreng, Sate Ayam, Sate Maranggi, Rendang, dan Selada Pengantin serta berbagai panganan ringan serta minuman tradisional Indonesia lainnya diiringi oleh alunan live music dari Royal Thai Navy Band.

Suasana resepsi juga semakin meriah karena adanya persembahan Tari Bali “Kebyar Duduk” yang dibawakan secara apik oleh penari Indonesia, mahasiswa Universitas Chulalongkorn Bangkok serta Peragaan Busana dan Kain Tenun koleksi Dian Oerip yang datang langsung dari Indonesia.

 

 

Resepsi Diplomatik Indonesia tahun 2022 ini terasa istimewa bagi Dubes Rachmat karena baru pertama kali dilakukan sejak penyerahan surat kepercayaannya sebagai Duta Besar dari Presiden RI kepada Raja Thailand pada bulan Maret 2021 dan diselenggarakan dalam situasi pasca pandemi Covid-19.

Baca juga : Polres Berau Kaltim Bagikan Bansos Hingga Ke Pulau Terluar Maratua

Selain itu, acara ini dilakukan di wisma duta, tempat tinggal Pangeran Chumphot Paribatra di masa lalu, yang merupakan cucu buyut Raja Rama V yang menghabiskan waktunya menetap di Bandung, Jawa Barat. Memori tersebut membawa nilai historis tersendiri bagi Thailand maupun Indonesia.

Dalam sambutan penutupnya, Dubes Rachmat menyampaikan penyelenggaraan rangkaian kegiatan promosi peluang investasi, perdagangan, pariwisata serta kekayaan seni dan budaya Indonesia atau Trade, Tourism, Investment, and Culture Forum (TTICF) pada 16-18 September 2022 di berbagai tempat di Bangkok.

 

 

Dubes Rachmat lebih lanjut mengundang para tamu untuk dapat menghadiri kegiatan dimaksud yang dilaksanakan antara lain di Siam Paragon dan Siam Square One Bangkok. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.