Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Antisipasi Dampak Kenaikan BBM

Polres Berau Kaltim Bagikan Bansos Hingga Ke Pulau Terluar Maratua

Minggu, 11 September 2022 17:20 WIB
Pembagian bansos yang dilakukan Polres Berau, Kaltim. (Foto: Dok. Polres Berau)
Pembagian bansos yang dilakukan Polres Berau, Kaltim. (Foto: Dok. Polres Berau)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polres Berau, Kalimantan Timur, mulai membagikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat terdampak kenaikan harga BBM. Menurut Kapolres Berau AKBP Sindhu Brahmarya, bansos tersebut diberikan kepada masyarakat terdampak kenaikan harga BBM yang tidak menerima program bansos seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Subsidi Upah (BSU), serta bantalan sosial lain yang disalurkan Pemerintah.

“Kemarin kami laksanakan FGD (forum group discussion) antisipasi dampak penyesuaian harga BBM dengan Pertamina. Hari ini, kami mulai menyalurkan bantuan sosial,” ujar Sindhu, usai membagikan bansos di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bujangga, Tanjung Redeb, seperti keterangan yang diterima redaksi, Minggu (11/9).

Sindhu mengatakan, Polres Berau menyiapkan 200 paket bansos berupa sembako. Target utamanya adalah masyarakat non sejahtera di Maratua, Pulau Derawan, nelayan, petugas kebersihan, hingga kelompok terdampak penyesuaian harga BBM bersubsidi lainnya.

Baca juga : Pemprov DKI Siapkan Bansos Dan Pastikan Tarif Angkutan Umum Tetap

Untuk Sabtu kemarin, dilakukan di beberapa tempat. Seperti di TPA Bujangga, sepanjang Sungai Segah dan Sungai Kelay, untuk para pengemudi ketinting dan nelayan serta masyarakat non sejahtera di Pulau Derawan dan Pulau Maratua.

Sindhu menyebut, penyaluran paket bansos tersebut juga disalurkan di Polsek jajaran. “Kami juga memerintahkan Polsek jajaran membantu menyalurkan terhadap masyarakat yang terdampak,” tuturnya.

Sindhu memastikan, pihaknya akan terus menyalurkan bantuan sosial ini secara berkelanjutan. Menurut Sindhu, langkah tersebut adalah bentuk penanggulangan serta untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. “Kegiatan ini akan kita lakukan secara berkelanjutan dan bertahap,” pungkasnya.

Baca juga : Polres Malang Distribusikan 2.000 Paket Sembako

Johansyah, warga Kelurahan Sei Bedungun, Kecamatan Tanjung Redeb, yang berprofesi sebagai petugas kebersihan, mengucapkan terima kasih kepada Polres Berau yang telah menyalurkan bansos. “Terima kasih kepada Polres Berau yang telah memberi bantuan kepada kami. Kami bersyukur dan berterima kasih banyak karena telah meringankan beban kami dari kenaikan BBM ini,” ucapnya.

Hal serupa disampaikan Ismail, warga Kecamatan Pulau Maratua, yang berprofesi sebagai nelayan. Dia mengapresiasi perhatian Polri terhadap masyarakat non sejahtera di Perbatasan.

"Alhamdulilah, kami berterima kasih atas bantuan dari Polri melalui Polres Berau. Hal ini sangat berarti bagi kami yang tinggal di perbatasan pulau terluar Maratua," tegasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.