Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi

Perkuat Kerja Sama Asia-Afrika Di Negeri Sakura

Senin, 18 Juli 2022 07:05 WIB
Dubes Heri Akhmadi (ketiga kiri) bersama para dubes negara Asia dan Afrika dalam pertemuan di Wisma Duta, Tokyo, Jepang, Kamis, 14 Juli 2022. (Foto KBRI Tokyo).
Dubes Heri Akhmadi (ketiga kiri) bersama para dubes negara Asia dan Afrika dalam pertemuan di Wisma Duta, Tokyo, Jepang, Kamis, 14 Juli 2022. (Foto KBRI Tokyo).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bersama Kyodo Public Relations Co LTD, menggelar Pertemuan ke-23 Asia-Afrika 20 di Wisma Duta, Tokyo, Jepang, Kamis (14/7).

Kegiatan diselenggarakan untuk mempromosikan kerja sama Indonesia dengan negara-negara Afrika kepada kalangan bisnis Jepang. Termasuk menjajaki kemitraan trilateral dengan Negeri Sakura untuk menggarap pasar Afrika.

Berita Terkait : Aplikasikan Teori Kuliah, FTUP Kerja Sama Dengan Pelaku Industri

Acara itu dihadiri sekitar 200 orang. Mereka merupakan diplomat dan pelaku usaha dari Asia-Afrika.

Acara yang dibuka Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Mikronesia Heri Akhmadi ini, dihadiri Ketua Dewan Asia Afrika 20 Hisafumi Koga, Ketua Asosiasi Indonesia Jepang (Japinda) Fukuda Yasuo dan pembicara kehormatan Profesor Soichi Noguchi dari University of Tokyo, yang juga mantan astronot dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Berita Terkait : Mentan SYL Sebut Kerja Sama Indonesia-Australia Makin Komprehensif

Dalam sambutannya, Dubes Heri menekankan penguatan hubungan yang saling menguntungkan antara negara-negara Asia dan Afrika. Menurutnya, kebersamaan dan persahabatan yang terjalin sejak 1955 harus terus diperkuat. Termasuk mempromosikan investasi, menghilangkan hambatan perdagangan dan mempromosikan kerja sama teknis.

“Saya yakin kita dapat bekerja sama mengoptimalkan berbagai potensi. Termasuk mengatasi tantangan. Di antaranya, hambatan tarif dan non-tarif, skema pembiayaan dan konektivitas,” terang Dubes Heri dalam keterangan resminya, Sabtu (16/7).

Berita Terkait : Kerja Sama Asia Dan Afrika Diklaim Saling Menguntungkan

Dalam kesempatan itu, Dubes Heri juga menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. ■