Dark/Light Mode

Dubes Desra: Ratu Elizabeth II Begitu Dicintai Dan Dikagumi Rakyatnya

Selasa, 20 September 2022 06:30 WIB
Dubes RI untuk Inggris Desra Percaya dan istri, Sari Percaya saat menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan di Westminster Abbey, London, Senin (19/9). Sementara Dubes Desra mengenakan morning suit, Ibu Sari berkebaya dengan batik Sogan. (Foto: Tangkapan Layar IG)
Dubes RI untuk Inggris Desra Percaya dan istri, Sari Percaya saat menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan di Westminster Abbey, London, Senin (19/9). Sementara Dubes Desra mengenakan morning suit, Ibu Sari berkebaya dengan batik Sogan. (Foto: Tangkapan Layar IG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) RI Desra Percaya menjadi salah satu saksi bersejarah, betapa megah dan kompleksnya prosesi pemakaman negara Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey, London, Senin (19/9).

Jutaan orang, termasuk Kepala Negara/Pemerintah, Keluarga Kerajaan, Menteri, pejabat tinggi, Duta Besar negara sahabat, pengunjung dari Inggris dan berbagai negara meluangkan waktunya, untuk menyaksikan prosesi tersebut.

Banyak pula media internasional, yang menyiarkan langsung rangkaian prosesi panjang ini. Mulai dari ibadah pemakaman, hingga iring-iringan keranda jenazah dari London ke Windsor. Tempat Ratu dikebumikan.

 

Dubes RI untuk Inggris Desra Percaya dan istri, saat menghadiri upacara persemayaman (lying-in-state) Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, London, Minggu (18/9). (Foto: Tangkapan Layar IG)

Baca juga : Pemakaman Ratu Elizabeth II Dihadiri Ribuan Orang, Dikawal 6.000 Tentara

 

"Dua cicit Ratu, Pangeran George dan Puteri Charlotte yang mungil, ikut hadir di upacara pemakaman. Gerak-geriknya begitu menggemaskan," ungkap Dubes Desra via laman Instagramnya, Senin (19/9).

Sejatinya, pemakaman ini adalah acara Keluarga Kerajaan. Namun, duka cita mendalam juga dirasakan rakyat Inggris dan dunia.

Dubes Desra bilang, ini adalah bukti, betapa Ratu Elizabeth II adalah sosok yang sangat dicintai dan dikagumi.

Baca juga : Prosesi Peti Jenazah Ratu Elizabeth II, Pangeran Andrew Tak Pakai Seragam Militer

 

Dubes RI untuk Inggris Desra Percaya, saat mengisi Buku Duka Cita pada Jumat (16/9). (Foto: Tangkapan Layar IG)

 

"Saya dan Ibu Sari @sariandthecats sangat beruntung mendapat amanah mewakili Indonesia. Menyampaikan belasungkawa dan penghormatan bagi Ratu, keluarga kerajaan, serta pemerintah dan rakyat Inggris," tutur Dubes Desra, yang sebelumnya juga mengisi Buku Duka Cita pada Jumat (16/9), menghadiri upacara persemayaman/lying-in-state pada Sabtu (18/9), resepsi kenegaraan Raja Charles III pada (18/9), pemakaman resmi kenegaraan/state funeral pada Senin (19/9), ditutup dengan Resepsi oleh Menteri Luar Negeri Inggris yang baru, James Cleverly.

Dubes Desra menuturkan, partisipasi Indonesia adalah wujud persahabatan dan kerja sama erat kedua negara, selama lebih dari 70 tahun.

Baca juga : Peti Jenazah Ratu Elizabeth II Tiba Di Edinburgh, Besok Diterbangkan Ke London

Sebagai simbol kedekatan kedua negara, Dubes Desra mengenakan morning suit, baju tradisional Inggris abad-19. Sementara istrinya, Ibu Sari berkebaya dengan batik Sogan.

"Selamat jalan Ratu Elizabeth II. Terima kasih atas pemikiran dan kontribusi bagi kemajuan persahabatan Indonesia-Inggris" pungkas Dubes Desra. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.