Dark/Light Mode

Prosesi Peti Jenazah Ratu Elizabeth II, Pangeran Andrew Tak Pakai Seragam Militer

Senin, 12 September 2022 22:43 WIB
Pangeran Andrew (kanan), tak memakai seragam militer seperti halnya Raja Charles III, Putri Anne, dan Pangeran Edward di tengah prosesi peti jenazah ibundanya, Ratu Elizabeth II di Katedral St. Giles Skotlandia, Senin (12/9). (Foto: BBC)
Pangeran Andrew (kanan), tak memakai seragam militer seperti halnya Raja Charles III, Putri Anne, dan Pangeran Edward di tengah prosesi peti jenazah ibundanya, Ratu Elizabeth II di Katedral St. Giles Skotlandia, Senin (12/9). (Foto: BBC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peti jenazah Ratu Elizabeth II akhirnya tiba di Katedral St. Giles, tempat peristirahatan terakhirnya di Skotlandia, Senin (12/9). Setelah bertolak dari Istana Holyroodhouse, Edinburgh.

Di gereja tersebut, jenazah Ratu akan disemayamkan selama 24 jam.

 

Peti jenazah Ratu Elizabeth II ketika tiba di Katedral St. Giles, Skotlandia, Senin (12/9). (Foto: ITN via CNN International)

 

Baca juga : Peti Jenazah Ratu Elizabeth II Tiba Di Edinburgh, Besok Diterbangkan Ke London

Raja Charles III dan tiga anak Ratu lainnya: Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward tampak berjalan di belakang iring-iringan jenazah.

Sementara saudara-saudaranya: Raja Charles III, Putri Anne dan Pangeran Edward mengenakan seragam militer, Pangeran Andrew memakai morning suit. 

Dia tak lagi berhak mengenakan seragam militer, sejak Ratu mencopotnya dari afiliasi militer dan perlindungan Kerajaan Inggris, pada Januari 2022. Tak lama sebelum dia menyelesaikan gugatan atas skandal seksual di Amerika Serikat.

Di dalam Katedral St Giles, peti jenazah Ratu yang dibawa oleh anggota Resimen Kerajaan Skotlandia, ditempatkan di catafalque, platform kayu yang menopang peti mati.

Peti jenazah Ratu terbuat dari kayu oak Inggris berlapis timah. Ini adalah pilihan desain tradisional untuk anggota Keluarga Kerajaan.

Baca juga : Mobil Jenazah Ratu Elizabeth II Tinggalkan Istana Balmoral, Menuju Edinburgh

 

Peti jenazah Ratu Elizabeth II saat hendak memasuki Katedral St. Giles, Skotlandia, Senin (12/9). (Foto: Getty Images)


Acara kebaktian jenazah di Katedral St. Giles ini juga dihadiri Perdana Menteri Inggris Liz Truss, mantan Perdana Menteri Gordon Brown dan Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon.

Pada awal kebaktian, Pendeta Calum MacLeod menyambut keluarga kerajaan, sebagai perwakilan kehidupan bangsa Inggris, dan orang-orang yang hidupnya tersentuh oleh Ratu dalam banyak cara yang tak terlupakan.

 

Suasana kebaktian di dalam Katedral St. Giles, Skotlandia, Senin (12/9). (Foto: ITN via CNN International)

Baca juga : Dubes Desra Percaya: Ratu Elizabeth II, Sosok Penting Penguatan Persahabatan RI-Inggris


Dalam kebaktian itu, dinyanyikan himne pembuka: All People That on Earth Do Dwell.

Akhir pekan ini, peti jenazah Ratu Elizabeth II yang wafat dalam usia 96 tahun pada Kamis (8/9) dijadwalkan tiba di London. 

Jenazah akan disemayamkan di Westminster Hall selama empat hari, sebelum dimakamkan secara resmi kenegaraan pada Senin, 19 September mendatang. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.