Dewan Pers

Dark/Light Mode

Mobilisasi Parsial

Putin Panggil 300 Ribu Pasukan Cadangan, Tiket Penerbangan Ke Luar Rusia Langsung Ludes

Rabu, 21 September 2022 21:24 WIB
Ilustrasi aplikasi pemesanan tiket penerbangan Rusia, Aviasales. (Foto: Net)
Ilustrasi aplikasi pemesanan tiket penerbangan Rusia, Aviasales. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penerbangan satu arah dari Rusia dilaporkan ludes terjual, begitu Presiden Vladimir Putin menerbitkan Dekrit Mobilisasi Parsial, untuk mengerahkan 300 ribu tentara cadangan terkait konflik Ukraina, Rabu (21/9) pagi waktu setempat.

Pengumuman itu memicu kekhawatiran sekelompok pria usia tempur. Mereka takut tidak diizinkan meninggalkan Rusia.

Berita Terkait : Catat Ya, Penerima Vaksin J&J Bisa Langsung Cuss Booster Dengan Moderna

Data Google Trends menunjukkan lonjakan pencarian untuk Aviasales, situs pemesanan tiket penerbangan paling populer di Rusia.

Penerbangan langsung dari Moskow ke Istanbul di Turki dan Yerevan di Armenia, destinasi yang memungkinkan orang Rusia masuk tanpa visa, terjual habis.

Berita Terkait : 3 Maskapai Asing Ajukan Pengaktifan Kembali Rute Penerbangan Ke Bali

Beberapa rute transit, termasuk dari Moskow ke Tbilisi, juga tidak tersedia. Sementara penerbangan termurah dari Moskow ke Dubai, menelan biaya lebih dari 300.000 rubel atau Rp 73,28 juta. Setara lima kali upah rata-rata bulanan warga setempat.

Terkait mobilisasi parsial, Menteri Pertahanan Sergey Shoigu menjelaskan, pengerahan pasukan cadangan ini hanya akan menyasar kaum pria yang memiliki pengalaman sebagai tentara profesional.

Berita Terkait : Antisipasi Abrasi, Pertamina Tanam Ribuan Pohon Cemara Laut

"Pelajar, mahasiswa, dan mereka yang tengah menjalani wajib militer tidak akan dipanggil," kata Shoigu melalui stasiun TV Rossiya-24, Rabu (21/9). ■