Dark/Light Mode

Terima Global Citizen Award, Jokowi Harum Di Pentas Dunia

Rabu, 21 September 2022 23:38 WIB
Menlu Retno Marsudi (kanan) menerima Global Citizen Award (GCA) untuk Presiden Jokowi dari Klaus Schwab, di Cipriani Hall, New York, Amerika Serikat (AS), Senin malam (19/9) waktu setempat, atau Selasa (20/9) Waktu Indonesia Barat. (Foto Twitter @Menlu_RI)
Menlu Retno Marsudi (kanan) menerima Global Citizen Award (GCA) untuk Presiden Jokowi dari Klaus Schwab, di Cipriani Hall, New York, Amerika Serikat (AS), Senin malam (19/9) waktu setempat, atau Selasa (20/9) Waktu Indonesia Barat. (Foto Twitter @Menlu_RI)

 Sebelumnya 
Jokowi mengatakan terus berupaya berperan aktif dalam mendorong kerja sama internasional yang memuliakan perdamaian dan kemakmuran bersama. Apalagi tahun ini, Indonesia memegang Presidensi Group of Twenty (G20).

Posisi itu, jelasnya, dimanfaatkan untuk membangun arsitektur kesehatan global yang tangguh serta pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Penghargaan GCA ini sangat berarti bagi saya, tapi yang lebih berarti adalah dunia yang damai, makmur dan berkeadilan,” ujar Jokowi.

Baca juga : Terima Global Citizen Award, Jokowi Sukses Promosikan Perdamaian Dunia

Sebelum penyerahan penghargaan, Profesor Schwab memuji pencapaian Jokowi sejak menjabat sebagai Wali Kota Solo, hingga menjadi Presiden. Schwab juga memuji kontribusi Jokowi di dunia internasional. Menurutnya, saat ini Jokowi dihadapkan tidak hanya dengan satu, tapi beberapa krisis yang saling terkait.

 Krisis itu, kata Schwab, hanya dapat diselesaikan dengan upaya bersama dari komunitas global.

“Kita semua adalah bagian dari takdir manusia yang sama,” ucapnya.

Baca juga : Pembangunan Infrastruktur Jokowi Lebih Masif Dibanding Pemerintahan Sebelumnya

Schwab juga memuji peran Jokowi dalam Presidensi Indonesia di G20. Agar ajang itu sukses, katanya, diperlukan orang dengan kemampuan dan bakat luar biasa. Schwab menilai, Jokowi telah memperlihatkan hal tersebut.

Jokowi, lanjutnya, bukan hanya milik orang Indonesia. Jokowi berupaya mewujudkan semangat kerja sama global, katalisator untuk perdamaian dan kemakmuran kolektif.

“Atas nama Atlantic Council, saya bangga mempersembahkan Global Citizen Award kepada Presiden Jokowi, yang diterima oleh Menlu Retno,” ujarnya.

Baca juga : Top, Telkom Ungguli Dua Perusahaan Besar di Dunia

Selain Jokowi, sejumlah pemimpin dan mantan pemimpin dunia juga menerima penghargaan tersebut. Dilansir situs resmi Atlantic Council, para penerima penghargaan itu yakni Presiden Finlandia Sauli Niinisto, Perdana Menteri (PM) Swedia Magdalena Andersson, Kepala Eksekutif Google Sundar Pichai, aktor Forest Whitaker, mendiang mantan PM Jepang Shinzo Abe, dan mendiang Ratu Inggris Elizabeth II. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.