Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pertama Kali, Pameran Lukisan Indonesia Digelar Meriah Di Galeri Nasional Thailand

Rabu, 5 Oktober 2022 20:51 WIB
Dubes Rachmat Budiman (kanan) di acara Pameran Lukisan yang digelar di Gakeri Nasinal Thailand. (Foto: Dok. KBRI Bangkok)
Dubes Rachmat Budiman (kanan) di acara Pameran Lukisan yang digelar di Gakeri Nasinal Thailand. (Foto: Dok. KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pameran Lukisan Indonesia untuk pertama kalinya digelar di Galeri Nasional Thailand selama sebulan dari 5-30 Oktober 2022. Pameran ini dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand merangkap UNESCAP Rachmat Budiman dan Menteri Kebudayaan Thailand Mr. Itthiphol Kunplome di Galeri Nasional Thailand, Rabu (5/10).

Pemilihan lokasi pameran di Galeri Nasional Thailand tidak lepas dari peran penting Galeri ini sebagai museum dan galeri seni terkemuka di Bangkok.

Galeri ini didirikan pada tahun 1974 dan dikelola oleh Kementerian Kebudayaan Thailand, Galeri Nasional ini memiliki sejarah panjang dalam pengembangan dan pelestarian seni budaya Thailand

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 150 tamu dari kalangan Duta Besar dan diplomat negara sahabat, para akademisi di bidang seni, para pencinta seni dan kolektor benda seni di Thailand.

“Melalui lukisan yang dipamerkan, para pengunjung diharapkan dapat menikmati keindahan alam, kehidupan masyarakat serta catatan peristiwa yang digambarkan oleh 11 pelukis ternama dari Indonesia," ujar Dubes Rachmat.

Baca juga : Mak Ganjar Kalbar Berdoa Untuk Indonesia Dan Korban Tragedi Kanjuruhan

 

Lebih lanjut Dubes Rachmat menjelaskan, pameran ini merupakan bagian dari “Trade, Tourism, Investment and Cultural Forum (TTICF) yang bertujuan untuk meningkatkan promosi Indonesia di Thailand serta meningkatkan kerja sama yang baik di bidang perdagangan, investasi, pariwisata dan kebudayaan kedua negara.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Rachmat juga memperkenalkan sembilan dari sebelas pelukis yang dapat berpartisipasi secara langsung dalam pembukaan pameran lukisan tersebut.

Mereka adalah Bambang Herras, Erica Hestu Wahyuni, Galuh Taji Malela, Hari Budiono, Jumaldi Alfi, Nasirun, Putu Sutawijaya, Rendra Santana, dan Tisna Sanjaya. Sedangkan dua pelukis lainnya tidak dapat bergabung secara langsung dan hanya mengirimkan koleksi lukisan yaitu Gatot Pujiarto dan Zico Al Baiquni.

Sementara itu, Menteri Kebudayaan Thailand Mr. Itthiphol Kunplome dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap KBRI Bangkok atas penyelenggaraan kegiatan pameran lukisan yang dipastikan akan dapat mempererat kerja sama seni dan budaya Indonesia dan Thailand.

Baca juga : Keren, Hafiz Indonesia Juara 1 MTQ Internasional Maroko

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan bukti kesamaan kepentingan budaya kedua negara. Sejak terjalinnya hubungan diplomatik Indonesia-Thailand, kedua negara telah mengembangkan kerja sama menjadi comprehensive partnership di semua bidang, khususnya kebudayaan.

Dalam perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Thailand tahun 2020, Kementerian Kebudayaan Thailand dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan difasilitasi oleh KBRI Bangkok telah berhasil melaksanakan “Two Nations, One Dance; the Virtual Ramayana Joint Performance” secara hybrid di Teater Nasional Thailand meskipun tengah pandemi Covid-19.

Dia meyakini kegiatan pameran lukisan tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kedua negara untuk dapat saling memahami budaya satu sama lainnya.

Selain menghadiri pameran lukisan Bridge of Colors, sembilan pelukis yang hadir di Bangkok juga berkesempatan melakukan workshop dengan Fakultas Seni dan Seni Terapan Universitas Chulalongkorn serta Poh Chang Academy of Arts.

Kedua workshop tersebut mendapatkan sambutan yang hangat tidak hanya dari mahasiswa, tetapi juga para pengajar dan pencinta seni Thailand. Dalam kesempatan tersebut,

Baca juga : Bamsoet Buka Pameran Lukisan Immersive Colors

Dr. Tisna Sanjaya juga melakukan aksi performing arts di depan para pengajar dan pelajar Poh Chang Academy of Arts. Dengan bertemakan Bridge of Colors, pameran lukisan ini diharapkan dapat menjembatani perbedaan-perbedaan yang ada agar tercipta suatu konfigurasi hubungan antar negara yang harmonis.

Pameran ini selain menjadi ajang promosi seni lukisan Indonesia di Thailand, diharapkan dapat menjadi wadah alternatif dialog bagi masyakat Indonesia dan Thailand.

"Dengan menghadirkan sebelas pelukis terkemuka Indonesia dalam pameran ini diharapkan semakin meningkatkan pemahaman yang baik antar masyarakat kedua negara," ujar Tisna. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.