Dark/Light Mode

Indonesia Tolak Debat Soal Uighur Di HAM PBB

Jumat, 7 Oktober 2022 10:10 WIB
(Foto Twitter @UN_HRC)
(Foto Twitter @UN_HRC)

 Sebelumnya 
Selain itu, Indonesia juga terus bekerja sama dengan negara-negara OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) untuk membahas isu ini.

"Tujuan utama dari diskusi dan keterlibatan Indonesia adalah untuk memastikan keamanan dan kesejahteraan saudara-saudari Muslim di Xinjiang," terang pernyataan itu.

Baca juga : Indonesia Siap Penuhi Kebutuhan Pangan Singapura

Lebih lanjut pernyataanj itu menyebutkan, sebagai negara dengan populasi umat Muslim terbesar di dunia dan sebagai demokrasi yang aktif dan dinamis, Indonesia tidak bisa menutup mata terhadap kondisi saudara dan saudari Muslim di bagian dunia lainnya. 

Adalah tanggung jawab Indonesia sebagai bagian dari umat Islam, untuk saling menjaga satu sama lain. Komunitas Muslim Indonesia dan masyarakat sipil juga terus memberikan perhatian khusus terhadap situasi umat Muslim Uighur. 

Baca juga : Ester Raih Gelar Senior Pertama

Dewan HAM PBB, Kamis (6/10), melangsungkan pemungutan suara atas proposal dari Inggris, Turki, Amerika Serikat dan sebagian besar negara Barat lainnya untuk mengadakan debat tahun depan tentang dugaan pelanggaran HAM terhadap Muslim Uighur serta kelompok-kelompok etnis minoritas lainnya di Xinjiang.

Akan tetapi, Dewan HAM PBB menolak proposal tersebut dengan hasil 19 suara menentang, 17 mendukung dan 11 absen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.