Dark/Light Mode

Dubes Jerman Ina Lepel

Potong Kue Bareng Menteri Airlangga Di Hari Penyatuan Jerman

Senin, 10 Oktober 2022 06:48 WIB
Dubes Ina Lepel memotong kue bersama Menko Perekonomian 
Airlangga Hartarto di resepsi perayaan Hari Penyatuan Jerman.
Dubes Ina Lepel memotong kue bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di resepsi perayaan Hari Penyatuan Jerman.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada 3 Oktober 1990, secara resmi Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu menjadi Republik Federal Jerman. Hari itu, tiap tahun, diperingati sebagai Hari Penyatuan Jerman.

Di Jakarta, Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman menggelar resepsi diplomatik untuk merayakan hari bersejarah itu. Perayaan digelar di Grand Ballroom, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Kamis (6/10) malam.

Baca juga : Banteng Merasa Seirama Dengan Beringin

Setelah dua tahun tak digelar karena pandemi Covid-19, acara malam itu berlangsung meriah. Seperti tahun-tahun sebelum pandemi melanda, Kedubes Jerman menyajikan berbagai makanan khas. Mulai dari sup kentang, roti tradisional Bavaria dan minuman tradisional Jerman. Acara makin semarak dengan suguhan lagu Indonesia dan Jerman.

Resepsi dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, diikuti lagu kebangsaan Jerman, Deutschlandlied. Lalu diikuti pemotongan kue oleh Dubes Jerman untuk Indonesia Ina Lepel dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Baca juga : Menko Airlangga Dorong Pemutakhiran Data Geospasial, Demi Pembangunan Nasional Yang Berkeadilan

Berikutnya, musisi yang tampil, membawakan lagu-lagu khas Indonesia dan juga Jerman. Salah satunya lagu berjudul Wind of Change, yang dipopulerkan grup musik asal Jerman, Scorpions. Lagu itu kerap dipakai sebagai pengingat bersatunya kedua Jerman setelah berakhirnya perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Dubes Lepel mengatakan, penyatuan Jerman merupakan kemenangan dari proses demokrasi. “Jadi jelas, kami orang Jerman merayakan acara ini dengan teman dan mitra kami di seluruh dunia,” ucap Lepel.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.