Dark/Light Mode

Duta Besar Peru Untuk Indonesia Julio Arturo Cardenas

Pamer Keunikan Kuliner dan Tarian

Sabtu, 27 Juli 2019 11:15 WIB
Dubes Peru untuk Indonesia Julio Arturo Cardenas (kanan) mendampingi Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise di perayaan Peru Cultura di Usmar Ismail, Kamis (25/7) malam. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka).
Dubes Peru untuk Indonesia Julio Arturo Cardenas (kanan) mendampingi Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise di perayaan Peru Cultura di Usmar Ismail, Kamis (25/7) malam. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Peru di Jakarta kembali mempertunjukkan keunikan dan keistimewaan budaya lewat Peru Cultura.

Berlokasi di Usmar Ismail hall, Jakarta, Kamis (25/7) malam, Peru Cultura berlangsung sangat semarak. Warna-warni pakaian panitia dan anggota penampil terlihat mencolok di antara kerumunan tamu yang antusias hadir.

“Ini adalah festival kebudayaan yang anda nikmati semalaman. Nikmati sepuasnya keunikan dan kesensualan budaya Peru mulai dari kulinernya, musik hingga tariannya,” ujar Duta Besar Peru untuk Indonesia Julio Arturo Cardenas yang merupakan tuan rumah acara malam kemarin.

Baca juga : Masyarakat Bali Rayakan Galungan di Pura Garten Der Welt

Festival ini makin terasa otentik dengan keterlibatan komunitas warga Peru yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya. Mereka membantu menyiapkan dekorasi dan juga makanan dan minuman yang disajikan kepada tamu.

Acara malam itu memang menjadi gelaran Kedubes Peru paling meriah dalam setahun karena juga untuk merayakan Hari Nasional Peru.

“Kegiatan serupa juga diadakan kedutaan besar Peru di negara sahabat,” tutur Dubes Cardenas. Selagi menunggu acara puncak dimulai, para tamu dipersilakan menikmati sajian makanan sate ala Peru, anticuchos.

Baca juga : Perkuat Sistem Perkarantinan, Kementan Jajaki Transfer Teknologi Bio-Sensing dari Belanda

Untuk pecinta makanan manis, ada pastelitos de limon yang berbentuk kue lemon yang cukup segar. Mengakhiri perayaan Peru Cultura, tamu diajak memasuki auditorium Usmar Ismail untuk menyaksikan sajian tari dan musik khas Peru.

Setidaknya 12 musik dan tarian disajikan dalam Peru Cultura 2019. Setiap tarian dan musik disajikan dengan tampilan video dan foto mengenai lanskap Peru yang beragam.

Ada tarian yang mengisahkan kehidupan dan interaksi warga di pinggiran sungai, ada tarian yang menceritakan kehidupan berladang dan berternak di kawasan pegunungan.

Baca juga : Indonesia Gelar Pelatihan Perikanan Bagi Afrika

Tarian yang dimeriahkan kuartet dari Institut Musik Daya Indonesia dan United Dance Works ini juga menyajikan tarian khas Peru yang penuh semangat dan sensual, tarian Marinera.

“Peru Cultura adalah salah satu contoh dari promosi aktif program budaya yang dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri Peru melalui kedutaan besar kami di sini. Masih ada kegiatan kebudayaan serupa untuk memperkenalkan budaya kami pada Indonesia. Ikuti saja infonya di laman Facebook dan Instagram kami,” pungkas Dubes Cardenas. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.