Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno

Masyarakat Bali Rayakan Galungan di Pura Garten Der Welt

Jumat, 26 Juli 2019 10:15 WIB
Dubes Arif Havas Oegroseno (tengah) bersama umat yang merayakan Hari Raya Galungan. (Foto KBRI Berlin)
Dubes Arif Havas Oegroseno (tengah) bersama umat yang merayakan Hari Raya Galungan. (Foto KBRI Berlin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ritual Hari Raya Galungan tidak hanya dirayakan di Bali. Masyarakat Indonesia yang tinggal di Jerman juga melakukan ritual sembahyang lengkap dengan baju adat Bali.

Upacara Galungan di Berlin digelar di Pura Tri Hita Karana yang terletak di dalam taman terbesar di Berlin, Garten der Welt. Kawasan Pura dikenal sebagai Taman Bali. Suasananya terasa seperti di Bali. Pura ini sengaja dirancang persis dengan atmosfir Pulau Dewata, mulai dari suasana hingga ornamen sekitar. Selain itu, pura ini juga dibangun di dalam rumah kaca sehingga menghadirkan suhu dan iklim sama seperti di Bali.

Baca juga : Beli Buah Tangan Di Festival Banjar

Saat upacara, banyak pengunjung taman yang merupakan orang asing ikut menyaksikan prosesi sembahyang. “Pura ini bisa menjadi salah satu objek promosi wisata Indonesia kepada masyarakat Jerman,” kata Duta Besar Indo- nesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno, dalam keterangan resminya, Rabu (24/7).

Meski masyarakat Bali tergolong sedikit di Berlin, namun khusuknya Hari Raya Galungan tetap terasa. Sejumlah kegiatan terkait dengan Bali dan Hindu kerap digelar di pura tersebut. “Saya senang rasa kekeluargaan begitu terasa dalam upacara Hari Raya Galungan. Saya ucapkan selamat merayakan bagi saudara kami semua,” sambung Dubes Havas.

Baca juga : Dubes Indonesia untuk Korsel Umar Hadi, Apresiasi Penulis Buku "Mengapa Indonesia?"

Di samping itu, Taman Bali ini merupakan supervisi pemerintah kota Berlin yang dalam pengembangannya juga mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam kerangka sister city dengan Berlin.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.