Dark/Light Mode

Kontes PM Inggris Dimulai, Johnson-Sunak Bersaing

Sabtu, 22 Oktober 2022 07:16 WIB
Liz Truss menyatakan mundur setelah 45 hari menjadi PM Inggris, disaksikan sang suami Hugh O’Leary. (Foto Getty Images via BBC)
Liz Truss menyatakan mundur setelah 45 hari menjadi PM Inggris, disaksikan sang suami Hugh O’Leary. (Foto Getty Images via BBC)

 Sebelumnya 
Partai berkuasa Inggris, Partai Konservatif menyatakan, mereka bakal langsung menggelar pemilihan usai Truss mengumumkan pengunduran diri. Sebagaimana dilansir Reuters, mereka memastikan bahwa hasil pemungutan suara akan diumumkan pada Senin pukul 17.00 waktu setempat.

Johnson saat ini disebut sedang mempertimbangkan kembali mencalonkan diri sebagai PM Inggris. Juli lalu, ia mengundurkan diri setelah serangkaian skandal yang menimpanya dan juga kabinetnya.

Baca juga : KPK Minta Hakim Agung Sudrajad Dimyati Kooperatif

Seorang anggota koalisinya mengatakan, pertimbangan Johnson untuk maju kembali demi kepentingan nasional. Apalagi, banyak yang mengatakan, kekuasaan Johnson diakhiri sebelum waktunya.

Dia disebut masih memiliki urusan yang belum selesai dengan Downing Street 10 --sebutan yang merujuk pada alamat kantor PM Inggris.

Baca juga : Kandidat PM Inggris Rishi Sunak: Saya Cuma Underdog

Dukungan juga datang dari sejumlah anggota parlemen dari Tory, sebutan Partai Partai Konservatif. Dalam sebuah cuitan di media sosial, sekretaris pribadinya James Duddridge, berharap Johnson kembali.

“Ada beberapa masalah di kantor yang perlu ditangani,” cuit Duddridge, dilansir The Guardian, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.