Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bertepatan Dengan Deepavali

Rishi Sunak Jadi PM Inggris, Media India Heboh

Senin, 24 Oktober 2022 22:26 WIB
Bertepatan Dengan Deepavali Rishi Sunak Jadi PM Inggris, Media India Heboh

RM.id  Rakyat Merdeka - Berita kesuksesan Rishi Sunak menduduki kursi Perdana Menteri Inggris, langsung mewarnai halaman depan mayoritas surat kabar di India. Tanah leluhur pria berusia 42 tahun itu.

Betapa tidak. Dengan jabatan barunya ini, Sunak berhasil mencatatkan diri sebagai Perdana Menteri kulit berwarna pertama di Inggris. Serta yang termuda dalam 200 tahun. 

Berita lain yang juga menghiasi headlines media setempat adalah berita kemenangan tim kriket India, atas musuh bebuyutannya Pakistan, dalam pertandingan Piala Dunia T20, Minggu (23/10) malam.

Baca juga : Terpilih Jadi PM Inggris, Rishi Sunak Termuda Dalam 200 Tahun

Di media sosial, beberapa orang India mengatakan, keberhasilan Sunak menjadi Perdana Menteri Inggris pada tahun ini, makin terasa lebih istimewa. Karena belum lama ini, India merayakan 75 tahun kemerdekaannya dari pemerintahan kolonial Inggris.

"Peringatan Deepavali yang jatuh pada 24 Oktober ini, terasa sangat istimewa untuk kemenangan kriket India yang luar biasa. Ditambah lagi, Rishi Sunak, orang asal India yang juga penganut Hindu taat dan menantu Narayana Murthy  akan menjadi Perdana Menteri Inggris," ujar netizen bernama Chennai D Muthukrishnan via Twitter, seperti dikutip CNA, Senin (24/10).

"Rishi Sunak mengambil sumpah sebagai anggota parlemen, dengan Kitab Suci Hindu Bhagavad Gita. Jika dia mengulangi hal yang sama untuk diambil sumpah sebagai Perdana Menteri, itu akan menjadi hari yang luar biasa bagi India. Bertepatan dengan tahun ke-75 kemerdekaan India atas Inggris," imbuhnya.

Baca juga : Pemerintah Diminta Evaluasi Reformasi Subsidi Energi, Hapus Subsidi Harga

Narayana Murthy, mertua Sunak, adalah miliarder India pendiri raksasa perangkat lunak India Infosys. Menurut data Forbes 2022, Murthy memiliki harta kekayaan bersih senilai 4,5 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 70,18 triliun. 

Saat menjabat Kanselir sekaligus Menteri Keuangan, Rishi Sunak dan istrinya Akshata Murty, masuk daftar 250 orang terkaya di negaranya versi The Sunday Times, untuk pertama kali pada Mei 2022.

Kekayaan bersama senilai 730 juta poundsterling atau Rp 11,39 triliun itu berhasil menempatkan Sunak-Murty di peringkat 222 daftar tahunan surat kabar tersebut.

Baca juga : Suara Anies Meninggi, Minta Dihormati Haknya

Sunak dikenal sebagai penganut Hindu yang taat. Hari ini, dia merayakan Festival Lentera Cahaya Deepavali.

Dia juga telah berfoto menyalakan lilin, di luar Downing Street No.11 untuk menandai acara tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.