Dark/Light Mode

Dorong Cakupan Vaksinasi Covid-19 Indonesia

AS Kirim Lagi 5 Juta Dosis Vaksin Pfizer

Kamis, 27 Oktober 2022 12:35 WIB
Ilustrasi pemberian vaksin Covid-19 di Indonesia. (Foto USAID Indonesia)
Ilustrasi pemberian vaksin Covid-19 di Indonesia. (Foto USAID Indonesia)

 Sebelumnya 
Sejak awal pandemi, Pemerintah AS telah menyediakan lebih dari 77 juta dolar AS untuk mendukung respons Covid-19 di Indonesia. Serta tambahan dari lebih dari 1 miliar dolar AS bantuan terkait kesehatan selama dua dekade terakhir.

Dukungan AS telah menjangkau lebih dari 260 juta orang di Indonesia. Yaitu 94 persen dari jumlah penduduk. Melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), AS telah membantu lebih dari 840.000 petugas kesehatan garis depan dan memperkuat hampir 2.000 rumah sakit, klinik, dan laboratorium.

Baca juga : Jadi Penopang Ekonomi Dan Transisi Energi, Indonesia Butuh Nikel

AS berkomitmen untuk bermitra dengan Pemerintah dan rakyat Indonesia untuk menyelamatkan nyawa. Pada saat yang sama kemitraan ini juga memperkuat pemulihan ekonomi dan menjaga kemajuan pembangunan selama puluhan tahun yang telah dikacaukan pandemi.

Cakupan imunisasi Polio dan imunisasi rutin lainnya menurun, sementara pemantauan dan pengobatan tuberkulosis turun secara signifikan karena fasilitas kesehatan disibukkan dengan COVID-19 dan pasien ragu-ragu untuk mencari pengobatan bagi kondisi lain.

Baca juga : Covid-19 Masih Bisa Lahirkan Varian Baru

Program USAID berupaya mengatasi berbagai efek sampingan dari Covid-19 ini, di samping prioritas penting lainnya seperti mengatasi perubahan iklim, meningkatkan ketangguhan Indonesia terhadap bencana, melindungi satwa liar di darat dan di laut, serta mempromosikan keberagaman dan toleransi.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.