Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sukses Hadirkan Produk Indonesia

5 Importir Brunei Raih Penghargaan KBRI Bandar Seri Begawan

Jumat, 4 November 2022 16:08 WIB
Dubes RI untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko (ketiga kanan) bersama 5 importir asal Brunei di  Malam Penganugerahan Penghargaan Importir KBRI BSB, Kamis (3/11). (Foto: Dok. KBRI Bandar Seri Begawan)
Dubes RI untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko (ketiga kanan) bersama 5 importir asal Brunei di Malam Penganugerahan Penghargaan Importir KBRI BSB, Kamis (3/11). (Foto: Dok. KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lima importir Brunei mendapatkan penghargaan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia Bandar Seri Begawan (KBRI BSB) atas dukungannya menghadirkan produk Indonesia di Brunei Darussalam.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko, pada Malam Penganugerahan Penghargaan Importir KBRI BSB, Kamis (3/11).

Kelima importir ini adalah H Sky Trading Company dan Syarikat Malar Setia yang menerima penghargaan kategori Platinum; Hui Huang Enterprise dan Shiv Trading Company sebagai penerima penghargaan kategori Silver; dan Bintang Ria Sdn Bhd sebagai penerima penghargaan kategori Bronze.

Baca juga : Top! 7 Badan Usaha Bioenergi Ini Raih Penghargaan Subroto Dari Kementerian ESDM

“Penghargaan ini kami berikan sebagai wujud apresiasi atas upaya pengusaha setempat di Brunei mendatangkan produk Indonesia. Berkat para pengusaha setempat, volume perdagangan kedua negara terus meningkat dari tahun ke tahun, termasuk dalam tiga tahun terakhir meskipun perekonomian global melambat,” ujar Dubes Sujatmiko.

Malam penghargaan ini, menurut Dubes Sujatmiko bertepatan dengan momentum kegiatan tahunan Trade Expo Indonesia (TEI) yang telah dimulai sejak 19 Oktober 2022 lalu. Sejumlah pengusaha Brunei yang hadir malam ini telah berkunjung ke Jakarta menghadiri kegiatan tersebut.

“Kami berharap pengusaha Brunei berhasil memanfaatkan TEI untuk mendapatkan mitra baru dan produk-produk potensial untuk dipasarkan di Brunei,” ujarnya.

Baca juga : Jelang Akhir Tahun, PNM Raih 2 Penghargaan Internasional

TEI masih berlangsung secara virtual hingga 19 Desember 2022.

Lebih lanjut Dubes Sujatmiko menyampaikan, perdagangan bilateral Indonesia-Brunei menunjukkan kecenderungan meningkat dalam 4 tahun terakhir. Pada 2021, nilai perdagangan kedua negara tercatat USD 374,27 juta atau meningkat 83 persen dari 2020.

Sementara nilai ekspor non-migas Indonesia ke Brunei sejak tahun 2019 juga mengalami peningkatan setiap tahun. Fast moving consumer goods merupakan salah satu kategori impor terbesar Brunei dari Indonesia.

Baca juga : Dorong Perusahaan China Tunaikan CSR

"Terdapat empat kategori penghargaan yang diberikan berdasarkan volume pembelian produk asal Indonesia yakni: Platinum untuk nilai impor di atas USD 4,5 juta; Gold untuk kisaran impor USD 3-4,5 juta; Silver untuk kisaran impor USD 1,5-3 juta; dan Bronze untuk nilai impor antara USD 1-1,5 juta," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.