Dark/Light Mode

Dirut ASDP Indonesia Ferry Berkunjung Ke Rakyat Merdeka

Sukses Cetak Pendapatan Terbesar Dalam Sejarah

Selasa, 11 Oktober 2022 07:00 WIB
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi (kanan) menyerahkan cenderamata kepada Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara, di Kantor Rakyat Merdeka, Jakarta, Jumat (7/10). (Foto: Kharizal Anwar/RM)
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi (kanan) menyerahkan cenderamata kepada Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara, di Kantor Rakyat Merdeka, Jakarta, Jumat (7/10). (Foto: Kharizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mungkin tidak banyak yang tahu, kalau ASDP Indonesia Ferry adalah operator penyeberangan terbesar di dunia. Ini adalah perusahaan BUMN yang bergerak dalam jasa angkutan penyeberangan dan pengelola pelabuhan yang mengelola 219 armada. Pemimpin tertingginya di perusahaan itu adalah perempuan tangguh, Ira Puspadewi.

Menjadi Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), sejak Desember 2017, Ira Puspadewi berhasil membuat perusahaan itu bertahan dari badai pandemi. Bahkan menorehkan catatan gemilang. Pendapatannya sepanjang tahun 2021 tercatat yang terbesar sepanjang sejarah perseroan.

Ira membagikan beberapa ramuan khusus yang membuat perusahaannya tetap sehat, meski melalui masa-masa sulit akibat hantaman pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Ira saat berkunjung ke kantor redaksi Rakyat Merdeka di Jakarta, Jumat (7/10).

Baca juga : Indonesia-Timor Leste Perkuat Kerja Sama Sub Sektor Peternakan Dan Kesehatan Hewan

Ira tiba pukul 15.20 WIB. Mengenakan stelan kemeja putih dibalut jas hitam, lengkap dengan hijab berwarna merah jambu dan sneakers. Kedatangan bos perusahaan pelat merah di bidang jasa transportasi laut itu didampingi sejumlah jajarannya. Antara lain Direktur Komersial dan Pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry, Yusuf Hadi dan Corporate Secretary, Shelvy Arifin. 

Di kantor Rakyat Merdeka, Ira disambut Direktur Utama Kiki Iswara Darmayana dan tim, yaitu Ratna Susilowati (Direktur Pemberitaan), Kartika Sari (Wakil Pemimpin Redaksi) dan Firsty Hestyarini (Pemimpin Redaksi RM Digital).

Ira, yang pernah menjabat Direktur Ritel, Jaringan, dan SDM PT Pos Indonesia itu menceritakan banyak hal. Menurutnya, di awal masa pandemi pihaknya melihat cash flow (arus kas) di saku perusahaannya. Mengukur kekuatan finansial dan ketahanan beberapa bulan ke depan.

Baca juga : Universitas Bakrie Sukses Sedot Perhatian Di Event Career Day 2022

"Oh ternyata kita lumayan punya cadangan cash yang saat itu bisa hidup, mungkin antara delapan atau sembilan bulan," kisah Ira.

Ketika pandemi berangsur mereda, sederet program kerja dicanangkan. Ada tiga hal yang terbesit di benaknya. Pertama, menyusun skala prioritas investasi. "Dipilih bukan yang panjang banget, tetapi jangka lebih pendek dan langsung menghasilkan," tambahnya.

Ira juga memberanikan diri berinvestasi. ASDP berekspansi membuka bisnis baru dengan menggandeng korporasi. Lalu, melakukan efisiensi secara besar-besaran, dan percepatan digitalisasi.

Baca juga : Milla Pantang Remehkan Klub Papan Bawah

ASDP juga memberikan pelayanan yang nyaman kepada konsumen. Mengirim barang melalui kapal ASDP, kini pelanggan tak perlu lagi repot. Barang dijemput di lokasi, lalu dikirim dan sampai di tempat tujuan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.