Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Teken MoU, Indonesia Genjot Ekspor Biomassa Ke Jepang

Sabtu, 5 November 2022 09:01 WIB
Penandatanganan MoU antara PPT Energy Trading (PPT ET) dengan 2 mitra Indonesia, yakni PT. Agro Industri Mandiri dan PT Inti Persada untuk suplai biomassa, serta tripartite MoU dengan PT Riu Mamba Karya Sentosa dan PT Alam Bumi Cemerlang untuk studi konstruksi pabrik Wood Pellet, di Fukuoka, Jumat (4/11).
Penandatanganan MoU antara PPT Energy Trading (PPT ET) dengan 2 mitra Indonesia, yakni PT. Agro Industri Mandiri dan PT Inti Persada untuk suplai biomassa, serta tripartite MoU dengan PT Riu Mamba Karya Sentosa dan PT Alam Bumi Cemerlang untuk studi konstruksi pabrik Wood Pellet, di Fukuoka, Jumat (4/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi memfasilitasi penandatanganan MoU antara PPT Energy Trading (PPT ET) dengan 2 mitra Indonesia, yakni PT. Agro Industri Mandiri dan PT Inti Persada untuk suplai biomassa, serta tripartite MoU dengan PT Riu Mamba Karya Sentosa dan PT Alam Bumi Cemerlang untuk studi konstruksi pabrik Wood Pellet, di Fukuoka, pada Jumat (4/11). 

MoU ini digelar disela Business Meeting on the Potential Collaboration on the Renewable Energy: Biomass yang diselenggarakan KBRI Tokyo sebagai rangkaian kegiatan Indonesia – Japan Friendship Day di Fukuoka 4 – 6 November 2022.

Dalam sambutannya, Dubes Heri menekankan, bahwa Biomassa sebagai bagian dari bioenergi mendapatkan perhatian khusus dari Indonesia seiring dengan percepatan transisi menuju energi bersih. 

Baca juga : Kemenperin Siap Genjot Ekspor Vape

“Ekspor komoditas cangkang kelapa sawit Indonesia ke Jepang untuk bahan baku biomassa terus meningkat. Ini tentunya menjadi peluang yang besar bagi kerja sama Indonesia - Jepang, khususnya untuk peningkatkan kerja sama di sektor energi terbarukan dalam upaya bersama mencapai target netralitas karbon kedua negara," ungkap Dubes Heri yang didampingi Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Tokyo, Rima Cempaka. 

“Seiring komitmen Pemerintah Indonesia untuk konversi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) menjadi Tenaga Biomassa (PLTBm) dan kebutuhan bahan baku bahan bakar biomassa yang tinggi di Jepang, saya meyakini akan ada lebih banyak lagi kerja sama ke depannya bagi Indonesia dan Jepang di sektor energi terbarukan. KBRI Tokyo senantiasa siap menjadi jembatan berbagai peluang kerja sama," tambah Dubes Heri.

Chairman Kyudenko, Corporation Matsuji Nishimura menegaskan, kerja sama ini sangat penting untuk pengembangan energi terbarukan dekarbonisasi sebagaimana komitmen Jepang. 

Baca juga : 5 Importir Brunei Raih Penghargaan KBRI Bandar Seri Begawan

Untuk itu,  ia menilai kerja sama dengan Indonesia yang memiliki kawasan Hutan Tanaman Energi yang luas sangatlah penting.

Sementara itu, Kepala Pertamina East Asia yang juga merupakan Presiden Direktur PPT Energy Trading Co. Ltd, Agus Witjaksono mengatakan, pihaknya akan memfokuskan ke energi biomassa di mana Indonesia memiliki sumber daya biomassa yang besar untuk supply ke market Jepang. 

"Dengan MuU antara PPT Energy Trading dengan partner Indonesia, kami harap dapat lebih banyak kontribusi dalam supply biomassa dari Indonesia ke Jepang. Termasuk menjembatani supplier dari Indonesia dan buyer Jepang dengan kualitas kuantitas dan operasional terbaik untuk produk biomassa," kata Agus.

Baca juga : KSSK: Ekonomi Indonesia Tahan Banting

Turut hadir Chief Representative Pertamina Tokyo sekaligus Presiden Direktur PPT ET, Agus Witjaksono dan Konsul Kehormatan RI di Fukuoka, Mr. Matsuji Nishimura yang juga adalah Direktur & Chairman, Kyudenko Corporation.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.