Dark/Light Mode

Umur 97 Tahun, Masih Nyaleg

Mahathir Tua-tua Keladi

Minggu, 6 November 2022 06:40 WIB
Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad menemui pendukungnya seusai mendaftarkan diri untuk pemilu parlemen yang akan digelar 19 November, di kantor pemerintahan lokal, di Kuah, kota utama Langkawi, Malaysia, kemarin.
Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad menemui pendukungnya seusai mendaftarkan diri untuk pemilu parlemen yang akan digelar 19 November, di kantor pemerintahan lokal, di Kuah, kota utama Langkawi, Malaysia, kemarin.

 Sebelumnya 
“Saya optimis kami akan menang,” cetus Anwar.

Selain kedua tokoh itu, mantan PM Malaysia lainnya, Najib Razak, juga diketahui akan kembali maju mencalonkan diri dalam pemilu nanti. Najib kini tengah mendekam di penjara terkait skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang menjerat dan melengserkan dirinya dari kekuasaan.

Baca juga : Mahathir: Meski Tua, Saya Masih Kuat Kerja

Untuk diketahui, pemilu Malaysia akan digelar lebih cepat satu tahun pada 19 November 2022. Hal ini dikarenakan PM Ismail Sabri Yakub membubarkan parlemen pada bulan lalu.

Lalu, bagaimana kans Mahathir memenangkan pemilu? Banyak pengamat yang menilai Mahathir akan mudah menang di Langkawi. Namun, untuk menjadi PM Malaysia lagi sulit.

Baca juga : Lima Tahun Cincin Nyangkut Di Paru-paru

Misalnya, Pengamat Politik dari Universitas Nottingham Malaysia, Bridget Welsh ragu Mahathir bisa kembali memperoleh kursi PM di pemilu Malaysia kali ini.

“Waktu Mahathir sudah berlalu. Dia diberi kesempatan kedua dan menyia-nyiakannya. Peluang dia kali ini untuk mencalonkan diri sebagai perdana menteri sangat tipis,” ulas Welsh.

Baca juga : Rupiah Masih Digoyang Pergerakan The Fed

Selain bicara soal peluang, faktor kesehatan menjadi salah satu isu merespons pencalonan Mahathir sebagai PM. Sebab, baru-baru ini Mahathir sempat dilarikan ke rumah sakit karena positif Covid-19. Beberapa bulan lalu Mahathir juga sempat dirawat di RS Jantung karena alami sesak napas. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.