Dark/Light Mode

Iriana Jokowi Kenalkan Kearifan Lokal Indonesia

Pasangan Kepala Negara G20 Nikmati Gamelan Dan Tari Merak

Rabu, 16 November 2022 07:11 WIB
Foto bersama para pasangan kepala negara anggota G20 di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. (Foto Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Foto bersama para pasangan kepala negara anggota G20 di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. (Foto Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

 Sebelumnya 
Usai disambut dan bersalaman dengan Iriana, para pendamping menuju ruang tunggu. Di ruang tunggu tersebut, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Herliani Tanoesoedibjo serta Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Siti Nugraha Mauludiah, menemani para pendamping seraya menyaksikan demo kerajinan daun lontar, proses membatik, hingga proses menenun.

“Selamat datang di Indonesia. Saya bahagia menyambut kehadiran Ibu dan Bapak di Pulau Bali,” ujar Iriana mengawali sambutannya pada acara tersebut.

Baca juga : Tanpa Jojo Dan Ginting, Indonesia Siap Juara Di Australia Terbuka

Dalam pertemuan ini, Iriana mengajak para pendamping melihat dan ikut merasakan sejumlah kearifan lokal yang dimiliki Indonesia, dari hasil kerajinan hingga hidangan khas Indonesia. Iriana juga turut menjelaskan salah satu alat musik tradisional yang ditampilkan untuk menyambut kedatangan para pendamping di tempat acara.

“Alat yang bernama gamelan ini terbuat dari bambu yang ramah lingkungan. Alunan harmoni suara ini dapat membawa kita seolah menyatu dengan alam dan menghasilkan harmoni. Harmoni ini adalah kehidupan masyarakat Indonesia yang rukun dan toleran di tengah perbedaan,” ungkap Iriana.

Baca juga : Kepala Daerah Se-Gorontalo Sepakat Danai Pilkada 2024

Iriana berharap, para pendamping menikmati waktu dengan baik selama berada di Bali sehingga dapat memperpanjang waktu kunjungannya di Indonesia.

“Saya yakin Bapak/Ibu akan jatuh cinta dengan Indonesia, dengan Bali,” ucap Iriana.

Baca juga : Jokowi Anugerahkan Gelar Pahlawan Nasional Kepada 5 Tokoh, Ini Daftarnya

Setelah itu, Iriana mengajak para pendamping melihat beragam aktivitas berbasis budaya dari sejumlah daerah di Tanah Air yang digelar di halaman belakang Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. Di antaranya Mama Noken, musik gamelan, musik Rindik Bali, musik Gondang Batak, tarian merak, tarian tortor, hingga anak-anak yang sedang melakukan permainan ular tangga.

Selain itu, Iriana mengajak melihat pameran produk anyaman dan sejumlah produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Indonesia. Pertemuan kemudian ditutup dengan jamuan makan siang bersama Iriana dengan para pendamping pemimpin negara-negara G20 serta lembaga internasional. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.