Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dongkrak Stok Di Kawasan Timur Indonesia

Zulhas Lepas 36 Kontainer Migor Dari Pelabuhan Tanjung Perak

Sabtu, 24 September 2022 16:10 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat melepas 36 kontainer migor dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (24/9). (Foto: Humas Kemendag)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat melepas 36 kontainer migor dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (24/9). (Foto: Humas Kemendag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) melepas 36 kontainer MINYAKITA di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur melalui Tol Laut, Sabtu (24/9). Dengan tujuan Maluku Utara.

Pelepasan MINYAKITA hari ini merupakan upaya Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam melakukan percepatan pendistribusian MINYAKITA ke seluruh Indonesia.

Acara ini turut dihadiri Kepala Badan Pangan Nasional Arif Prasetyo Adi, Staf Utama Menteri Perhubungan Bidang Transportasi Laut dan Logistik Maritim Kementerian Perhubungan R. Agus H. Purnomo, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Drajat Irawan.

Selain itu, juga ada Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni Yossianis Marciano, Direktur Utama BUMN Holding Pangan ID Food Frans Marganda Tambunan, serta Direktur Komersil dan Operasional PT BGR Logistik Indonesia Syailendra.

Sementara Zulhas didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto, Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra, serta Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono.

Baca juga : Kemitraan Strategis, Kunci Indonesia Jadi Negara Terbesar Pengembang Panas Bumi

"Pelepasan 36 kontainer MINYAKITA dengan memanfaatkan Program Gerai Maritim hari ini, merupakan upaya Kemendag  dalam melakukan percepatan pendistribusian MINYAKITA ke seluruh Indonesia.  Demi meningkatkan ketersediaan pasokan dan stabilitas harga minyak goreng di seluruh Indonesia. Khususnya, di wilayah timur Indonesia," jelas Zulhas.

Dalam pengiriman ini, Kemendag kembali bekerja sama dengan ID Food. Serta melibatkan PT Mahesi Agri Karya dan PT Priscolin sebagai penyedia MINYAKITA.

Pengiriman ini dilakukan melalui Trayek 10, dengan menggunakan KM Logistik Nusantara 5 sebanyak 36 kontainer atau 607 ton. Kira-kira setara 674.400 liter dengan PT Pelni (Persero) sebagai operator.

Sebelumnya, pada tahap pertama, telah dilakukan pengiriman dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Kupang, Timika, dan Merauke dengan jumlah muatan sebanyak 40 kontainer atau 669,6 ton. Setara 744 ribu liter.

Pemanfaatan Program Gerai Maritim bersinergi dengan pemanfaatan Tol Laut ke daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan (3TP).

Baca juga : Luis Milla Mulai Terapkan Taktik Di Persib

Gerai Maritim merupakan salah satu upaya Kemendag dalam memperkecil disparitas harga antar wilayah, khususnya barang kebutuhan pokok dan barang penting serta kelancaran arus barang.

Sesuai amanat Undang-Undang No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting.

Program tersebut sudah dimulai sejak Juni 2015. Pada 2016, bersinergi dengan pemanfaatan Tol Laut Kementerian Perhubungan yang diluncurkan pada November 2015.

Kegiatan percepatan pendistribusian MINYAKITA ini dilaksanakan melalui kerja sama antara Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, BUMN Pangan, pemerintah daerah, dan pelaku usaha.

"Kami berharap, semua pihak dapat bekerja sama dalam memaksimalkan percepatan pendistribusian MINYAKITA ini. Sehingga, minyak goreng dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dengan harga sesuai harga eceran tertinggi (HET)," tutur Zulhas.

Baca juga : Partai Garuda: Tuduhan Ke PT Taspen Hanya Cerita Fiksi

Selain itu, percepatan pendistribusian MINYAKITA juga ditujukan untuk menstabilkan ketersediaan dan harga barang kebutuhan pokok di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Zulhas juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak, yang telah mendukung dan merespons kebijakan pemerintah, untuk memproduksi dan menyalurkan minyak goreng kemasan rakyat merek MINYAKITA. Dengan kemasan dan kualitas minyak goreng yang sangat baik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.