Dark/Light Mode

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Waktu Tempuh Bisa Sebanding Dengan Pesawat, Cuma 4 jam

Minggu, 30 Oktober 2022 07:30 WIB
Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Waktu Tempuh Bisa Sebanding Dengan Pesawat, Cuma 4 jam Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan diperpanjang hingga Surabaya. Dengan rute ini Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam waktu 4 jam.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menambahkan, jika proyek tersebut direalisasikan, maka kereta cepat akan menghubungkan pusat-pusat ekonomi di Pulau Jawa. Di mulai dari Jakarta, Kawarang, Bandung, Kertajati, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun dan Surabaya.

“Kereta cepat juga begitu, dibangun cuma Jakarta-Bandung, tapi kalau kita yakin ini akan kita bangun Jakarta-Surabaya,” kata Budi Karya dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Bio Farma Sebanding Dengan Negara Maju

Budi menegaskan, landasan-landasan terkait rencana pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya harus dilaksanakan. Dia mencontohkan, proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta sebelumnya sudah dibicarakan 15 tahun yang lalu dan baru kini berhasil dibangun.

“Jadi, kita letakan dulu landasan itu. Pak Jokowi berani mulai pembangunan MRT dan terjadi dan bisa,” ucap Budi.

Netizen mendukung rencana proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya karena akan mempersingkat perjalanan. Juga ekonomi akan tumbuh, bahkan bisa melesat.

Baca juga : KCIC: Proyek Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Masuk Tahap Akhir

Akun @Abdul_Wah bersyukur dengan adanya rencana pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Sebab, kata dia, dengan kereta cepat jarak tempuh perjalanan dua kota besar tersebut menjadi lebih cepat.

“Alhamdulilah,” kata @Abdul_ Wah. “Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, wuiihhh mantaaappp,” ucap @RidwanAxl1.

Akun @Teropongfakta mengatakan, Jakarta-Surabaya akan ditempuh kurang dari 4 jam. Tahap pertama Pemerintah telah membuat Jakarta-Bandung. Dia meminta proyek kereta cepat sampai ke Surabaya harus dikawal.

Baca juga : Bahlil: Investasi Sektor Pertambangan Mahal, Tapi Bisa Buka Lapangan Kerja

“Makin banyak yang kawal makin bagus,” kata dia.

Akun @Newnebula_nebula menyarankan, untuk keselamatan warga, sebaiknya jalur kereta cepat Jakarta-Surabaya dibuat layang semua sepanjang lintasan. Harga tiketnya pun, harap @Alfi_Akbar, lebih murah dari pesawat terbang.

“Dengan rentang harga Rp 500 ribu untuk VIP dan 250 untuk reguler. Tapi, bila harga tiket setara pesawat orang mending naik pesawat,” kata dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.