Dark/Light Mode

Bos Oposisi Dikriminalisasi, Ribuan Rakyat Turki Demo Maki Erdogan

Sabtu, 17 Desember 2022 07:05 WIB
Wali Kota Istanbul Ekrem Imamoglu berbicara ke media bulan lalu. (Foto Umit Bektaş/Reuters)
Wali Kota Istanbul Ekrem Imamoglu berbicara ke media bulan lalu. (Foto Umit Bektaş/Reuters)

 Sebelumnya 
Oposisi Turki sejak lama berjuang menyatukan sikap dalam memunculkan kandidat tunggal untuk menantang kekuasaan Erdogan selama dua dekade terakhir. Jajak pendapat menunjukkan, Imamoglu sebagai salah satu penantang yang mungkin mampu mengalahkan Erdogan dalam pilpres tahun depan.

Imamoglu dan pemimpin enam partai oposisi Turki hadir di aksi unjuk rasa tersebut. “Saya sama sekali tidak takut dengan vonis tidak sah mereka,” tegas Imamoglu di tengah kerumunan orang.

Baca juga : Dorong Digitalisasi Ecosystem, BNI Raih DevPortal Award 2022.

“Saya tidak memiliki hakim untuk melindungi saya. Tapi saya memiliki 16 juta warga. Istanbul dan bangsa kita di be￾lakang saya,” imbuhnya.

Jumlah orang yang menghadiri aksi itu setara dengan jumlah pendukung Erdogan yang berkumpul dalam kampanye mingguannya.

Baca juga : BPIP Sosialisasikan Nilai Pancasila Lewat Musik Di Universitas Mataram

Laporan media lokal menyebut ratusan orang juga berkumpul di kota Trabzon, kota asal Imamoglu di tepi Laut Hitam. Erdogan belum memberikan tanggapan atas vonis yang dijatuhkan pengadilan terhadap Imamoglu. Dan, terhadap aksi massa mendukung rival politiknya. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.