Dark/Light Mode

Jokowi Lobi PM Jepang Untuk Dukung Proyek MRT Selesai Tepat Waktu

Senin, 14 November 2022 15:39 WIB
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Fumio Kishida, di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan PM Jepang Fumio Kishida, di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida, di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11). 

Jokowi mengajak PM Kishida bersama-sama mensukseskan KTT G20 agar hasilkan deklarasi bersama.

“Harapan dunia sangat besar terhadap G20 sebagai katalis pemulihan global. Kesuksesan G20 merupakan collective responsibility dari seluruh negara G20,” ucap Jokowi.

Baca juga : Moeldoko Minta 40 Persen Belanja K/L Untuk Produk Dalam Negeri

Terkait kerja sama ekonomi dengan Jepang, Jokowi mendorong penyelesaian IJEPA (Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement).

“Kinerja kerja sama ekonomi kita cukup baik. Saya yakin kinerja ini akan dapat lebih baik jika kita dapat selesaikan IJEPA segera,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga membahas mengenai pembangunan infrastruktur. Presiden mengapresiasi penandatanganan nota kesepahaman kelanjutan MRT fase 1 hari ini dan kerja sama studi MRT fase 3 akhir Oktober lalu.

Baca juga : Community Leaders Dorong Insan PNM Berkualitas Untuk Dukung UMKM Naik Kelas

“Saya harapkan dukungan Yang Mulia agar proyek MRT bisa selesai tepat waktu,” harapnya.

Kerja sama di kawasan juga menjadi hal yang diperbincangkan dalam pertemuan bilateral tersebut. Presiden menggarisbawahi pentingnya untuk terus menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan dan membangun industri hijau di kawasan.

“Saya mendorong implementasi konkret sinergi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) dengan Free and Open Indo-Pacific (FOIP). Tahun depan, Indonesia juga akan mendorong negara Pasifik dengan ASEAN. Indonesia juga ingin mengajak Jepang mempererat kerja sama dengan negara-negara di Pasifik,” jelas Jokowi.

Baca juga : Jokowi: Bantuan Subsidi BBM Hampir Selesai Tersalurkan, Sudah 99,7 Persen

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, serta Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani.■
.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.