Dark/Light Mode

Dubes Jerman Ina Lepel Peringati Hari HAM Internasional

Selasa, 13 Desember 2022 06:30 WIB
Duta Besar Jerman untuk Indonesia Ina Lepel. (Foto Tangkapan Layar Ina Lepel)
Duta Besar Jerman untuk Indonesia Ina Lepel. (Foto Tangkapan Layar Ina Lepel)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Hak Asasi Manusia (HAM), diperingati di selu￾ruh dunia setiap 10 Desember. Duta Besar (Dubes) Jerman untuk Indonesia Ina Lepel, turut memperingati momen tersebut. Dalam pesannya, dia mengingatkan setiap pihak untuk menghormati HAM.

Bermula pada 10 Desember 1948, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meluncurkan Deklarasi Universal HAM. Selanjutnya, negara-negara mengadopsi, 10 Desember sebagai Hari HAM Sedunia atau Hari HAM Internasional.

Baca juga : Pencapresan KIB Bakal Pengaruhi Konstelasi Politik Nasional

Terlepas dari penghormatan terhadap tradisi, nilai moral, akar sejarah, kata Lepel, tidak bisa disangkal bahwa HAM bersifat universal.

“Kapanpun dan di manapun saat hak-hak ini tertekan, sebagai masyarakat demokratis kita harus berpendirian tegas,” ujarnya, dalam video di akun Twitter-nya, Sabtu (10/12).

Baca juga : IFG Usung Power to Inclusion Di Hari Disabilitas Internasional

Dalam Undang-Undang Dasar (UUD), lanjut Lepel, sudah mengakar secara mutlak, HAM adalah basis bagi setiap komunitas, perdamaian dan keadilan di dunia. Martabat, kebebasan, dan kesetaraan tiap manusia tanpa terkecuali, merupakan hak tiap insan manusia untuk memilih caranya menjalankan hidup.

“Tanpa adanya diskriminasi atau paksaan. Itu merupakan landasan bagi tiap masyarakat yang merdeka,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.