Dark/Light Mode

Paus Emeritus Benediktus Meninggal Dunia Di Vatikan, Dalam Usia 95 Tahun

Sabtu, 31 Desember 2022 17:03 WIB
Paus Emeritus Benediktus menghembuskan napas terakhirnya dalam usia 95 tahun di Vatikan, Sabtu (31/12). (Foto: Getty Images via BBC)
Paus Emeritus Benediktus menghembuskan napas terakhirnya dalam usia 95 tahun di Vatikan, Sabtu (31/12). (Foto: Getty Images via BBC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Paus Benediktus XVI meninggal dunia dalam usia 95 tahun di Vatikan, Sabtu (31/12). Hampir satu dekade setelah pengunduran dirinya karena sakit.

"Berita duka. Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan. Informasi lebih lanjut, akan diberikan sesegera mungkin," demikian pernyataan resmi Vatikan, seperti dikutip BBC, Sabtu (31/12).

Sebelumnya, Tahta Suci mengabarkan, kondisi Paus Emeritus Benediktus semakin memburuk karena usia lanjut.

Baca juga : Diprovokasi Amerika Serikat, Jet Tempur China Latihan Di Zona Pertahanan Taiwan

Dalam audiensi akhir tahunnya pada Rabu (28/12), Paus Fransiskus mengimbau jemaah melakukan doa khusus bagi Paus Emeritus Benediktus, yang tengah sakit parah.

Paus Emeritus Benediktus yang memiliki nama asli Joseph Aloisius Ratzinger, lahir di Jerman pada 16 April 1927.

Dia adalah salah satu Paus tertua yang pernah terpilih. Saat ditahbiskan menjadi Paus pada tahun 2005, Benediktus berusia 78 tahun. 

Baca juga : Punggawa Energi Tanah Air, Prof. DR. Subroto Meninggal Diusia 99 Tahun

Di masa kepausannya, Gereja Katolik banyak menghadapi tuduhan, tuntutan hukum, dan laporan resmi tentang pelecehan anak oleh para pendeta selama beberapa dekade.

Awal tahun ini, Paus Emeritus Benediktus mengungkap adanya kesalahan dalam menangani kasus-kasus pelecehan, saat menjadi Uskup Agung Munich periode 1977-1982. 

Paus Emeritus Benediktus memimpin Gereja Katolik selama kurang dari delapan tahun.

Baca juga : Sucor Sekuritas Ajak Anak Milenial Investasi Saham Dan Kesehatan

Pengunduran dirinya pada tahun 2013, membuat dia menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri, sejak Gregorius XII pada 1415.

Paus Emeritus Benediktus menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di Biara Mater Ecclesiae, di dalam tembok Vatikan. Dia sering dikunjungi penggantinya, Paus Fransiskus. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.