Dewan Pers

Dark/Light Mode

Top, Bus Karoseri Indonesia Mengaspal Di Bangladesh

Kamis, 24 November 2022 17:18 WIB
Dubes Heru Subolo (kiri) dan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Abdul Kadir Jaelani (kedua kiri) ketika meluncurkan bus buatan karoseri Indonesia di Dhaka, Bangladesh, Kamis, 24 November 2022. (Foto KBRI Dhaka)
Dubes Heru Subolo (kiri) dan Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Abdul Kadir Jaelani (kedua kiri) ketika meluncurkan bus buatan karoseri Indonesia di Dhaka, Bangladesh, Kamis, 24 November 2022. (Foto KBRI Dhaka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dirjen Asia Pasifik dan Afrika (Aspasaf) Kementerian Luar Negeri Indonesia, Abdul Kadir Jailani melakukan peluncuran bus buatan karoseri Indonesia yang akan beroperasi di Bangladesh. Upacara peluncuran bus ini digelar di Hotel Intercontinental, Dhaka, di sela rangkaian kegiatan konferensi IORA pada tanggal 24 November 2022.

Selain Dubes Jailani, acara peluncuran juga dihadiri Dubes RI untuk Bangladesh dan Nepal, Heru Hartanto Subolo, dan Managing Director Innovative Motors, Md Faruk Talukder Sohel.

Berita Terkait : HNW: Indonesia Negara Hukum, Bukan Negara Kekuasaan

Bus buatan Indonesia ini menggunakan mesin Scania dan seluruh body-nya dibuat di Indonesia oleh perusahaan karoseri CV. Laksana. Sesudah selesai pengerjaan body, bus kemudian diekspor oleh Innovative Motors, sebuah perusahaan angkutan darat ternama di Bangladesh.

“Bus ini direncanakan untuk melayani trayek antar kota antar provinsi,” kata Dubes Heru dalam keterangannya kepada Rakyat Merdeka (http://RM.id).

Berita Terkait : Top, Gedung Papua Youth Creative Hub Canggih, Megah, Dan Bernuansa Adat

Dalam sambutannya, Dubes Jailani menyatakan, keberadaan bus buatan Indonesia di Bangladesh ini diharapkan dapat ikut menyukseskan program peremajaan angkutan umum di Bangladesh. Upaya ini sebagai salah satu realisasi penguatan kerja sama bilateral Indonesia-Bangladesh, khususnya dalam pembangunan sektor transportasi publik.

Selanjutnya, keberadaan bus ini menambah erat hubungan bisnis antar pelaku usaha kedua negara. Secara umum, didukung pertumbuhan ekonomi yang stabil dan iklim investasi yang kondusif, Bangladesh giat mengembangkan sektor transportasi, termasuk peremajaan alat angkutan umum bus.
 Selanjutnya