Dark/Light Mode

China Rayakan Tahun Kelinci, Vietnam Tahun Kucing, Kok Beda?

Kamis, 19 Januari 2023 21:40 WIB
China Rayakan Tahun Kelinci, Vietnam Tahun Kucing, Kok Beda?

RM.id  Rakyat Merdeka - Tak seperti China yang bersiap menyambut Tahun Kelinci, dalam Tahun Baru Imlek 2023, Vietnam justru merayakan Tahun Kucing. 

Di seluruh negeri, jalan-jalan dihiasi dengan patung kucing. Toko dipenuhi dengan dekorasi bertema kucing, hadiah populer Tahun Baru Vietnam yang dikenal sebutan Tet.

Vietnam dan China mengakui 10 dari 12 tanda kalender zodiak. Yakni tikus, harimau, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam jantan, anjing, dan babi.

Namun, orang Vietnam lebih menghormati kucing ketimbang kelinci, dan kerbau daripada lembu.

Baca juga : Kepala Desa Haus Kekuasaan

Ada sejumlah teori yang menjelaskan, mengapa orang Vietnam menyukai kucing. Ahli Budaya Tradisional Vietnam Nguyen Hieu Tin mengatakan, jawabannya mungkin terletak pada sawah yang begitu memiliki arti bagi para petani.

"Padi adalah hasil terbesar pertanian Vietnam. Dan mengingat banyaknya ancaman tikus di ladang, kucing yang dapat memburu mereka, adalah hewan yang populer bagi orang Vietnam,” katanya kepada AFP, Kamis (19/1).

Penjelasan lainnya, orang Vietnam tidak ingin mengamati dua tahun dengan hewan serupa. "Mereka melihat tikus dan kelinci memiliki hubungan yang erat,” kata Tin.

Dia percaya, mereka yang lahir di Tahun Kucing seperti dirinya, lebih memiliki kemudahan dibanding kebanyakan orang.

Baca juga : China Laporkan Hampir 60 Ribu Kasus Kematian Covid, Mayoritas Lansia Usia 65 Ke Atas

Ada juga teori yang mengatakan, orang Vietnam memiliki interpretasi sendiri tentang kata mao, yang merupakan bahasa China untuk kelinci.

Di telinga orang Vietnam, kata mao terdengar seperti meo, yang berarti kucing.

Tahun Kucing dipercaya membawa keberuntungan dan kelancaran pelayaran di Vietnam.

Hoang Thi Huong Giang, seorang pekerja kantoran di Hanoi, sebuah kota yang dipenuhi dengan pohon jeruk kumquat tradisional dan bunga merah muda di depan Tet mengaku tak pernah memperhatikan alasan, mengapa orang Vietnam menghormati hewan zodiak yang berbeda dengan warga dunia lainnya.

Baca juga : Pemkab Taput Bangun Lumbung Pangan dan SDM Berkualitas

"Sepertinya benar. Mereka yang lahir di Tahun Kucing seringkali lebih aktif, pekerja keras, dan mudah bergaul,” kata Giang bangga. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.