Dark/Light Mode

Duta Besar Jepang Untuk Indonesia Kenji Kanasugi

Launching Logo 65 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia

Senin, 23 Januari 2023 06:59 WIB
Dubes Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi. (Foto Kedubes Jepang)
Dubes Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi. (Foto Kedubes Jepang)

 Sebelumnya 
Dubes Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, dalam keterangannya di video YouTube Kedubes Indonesia di Tokyo, menjelaskan, 2023 adalah tahun kepemimpinan Indonesia dan Jepang di kawasan.

“Tahun ini penting untuk hubungan Indonesia dan Jepang. Untuk merayakannya, Indonesia, dan Jepang sepakat meluncurkan logo yang akan digunakan dalam setiap kegiatan kedua negara,” ujar Dubes Heri.

Baca juga : Rayakan Imlek Bareng 200 Pemuda China-Indonesia

Jepang dan Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik sejak 20 Januari 1958. Sebagai mitra strategis, kedua negara senantiasa memperkuat kerja sama di berbagai bidang.

Tidak hanya ekonomi, politik dan keamanan, juga sosial dan budaya. Pada 2022, Indonesia dan Jepang telah mencapai berbagai kerja sama konkret di berbagai bidang.

Baca juga : Indonesia-Korsel Sambut Tahun Emas Hubungan Diplomatik

Total perdagangan bilateral Indonesia-Jepang pada Januari-Oktober 2022 mencapai 34,79 miliar dolar AS (Rp 527 triliun), meningkat 33,35 persen dari periode sama pada 2021.

Nilai perdagangan ini telah melampaui pencapaian sebelum pandemi pada 2019, yang mencatatkan nilai 31,6 miliar dolar AS (Rp 466 triliun).

Baca juga : Kebanjiran Ucapan Duka Wafatnya Paus Emeritus Benediktus XVI

Tahun lalu, Indonesia juga mencatatkan surplus perdagangan tertinggi dengan Jepang yang mencapai 6,3 miliar dolar AS, atau melonjak 158,5 persen dari nilai pada 2021.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.