Dark/Light Mode

Dubes Indonesia Untuk Rusia Jose Tavares

Gelar Pentas Budaya Rayakan 73 Tahun Hubungan RI-Rusia

Rabu, 8 Februari 2023 05:47 WIB
Dubes Jose Tavares (kedua kanan) menyapa pengunjung Rusia di booth Indonesia pada pameran Golden Hands of the World. (KBRI Moskow)
Dubes Jose Tavares (kedua kanan) menyapa pengunjung Rusia di booth Indonesia pada pameran Golden Hands of the World. (KBRI Moskow)

 Sebelumnya 
Film-film ini disajikan di layar raksasa di lokasi yang sama. Di atrium pentas seni budaya dipajang pula 15 foto arsip yang menampilkan korespondensi pejabat Uni Soviet dan Indonesia mengenai pengakuan kedaulatan Indonesia dan pembukaan hubungan diplomatik Indonesia-Uni Soviet. Ada juga foto kunjungan dan pertemuan pemimpin kedua negara dalam berbagai kesempatan, hingga foto-foto kegiatan KBRI Moskow.

Kegiatan pentas seni budaya dibuka Duta Besar Indonesia untuk Rusia merangkap Belarus Jose Tavares bersama-sama Wakil Direktur Asia III Kementerian Luar Negeri Rusia Vadim Velikanov, Ketua Umum RAIC Sergey Palashnikov dan Ketua FSI Ruslan Bayramov.

Baca juga : Persikabo Vs Bhayangkara, Misi Berat Laskar Padjajaran Putus Tren Negatif

Dalam sambutannya, Dubes Tavares menyampaikan, hubungan bilateral Indonesia dan Rusia sesungguhnya telah terjalin jauh sebelum dibuka resmi pada 1950. Hal ini ditunjukkan dengan adanya catatan sejarah perjalanan penjelajah Rusia, Nikolay Miklouho-Maclay yang singgah di Jakarta (dulu Batavia) pada 1873 dan juga menyinggahi sejumlah daerah lain di Indonesia seperti Maluku, Flores dan Timor (Nusa Tenggara).

Disinggung pula oleh Dubes Tavares mengenai kunjungan Putra Mahkota Prince Nikolai Romanov ke Batavia, Bogor, Garut dan Bandung pada 1890 dan pengangkatan Mikhail Bakunin sebagai Konsul Rusia di Batavia pada 1894-1899.

Baca juga : Launching Logo 65 Tahun Hubungan Diplomatik Jepang-Indonesia

“Selama kurun 73 tahun ini, kerja sama kedua negara menunjukkan perkembangan yang baik di berbagai bidang, mulai dari politik, militer, perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan, dan sosial budaya,” papar Dubes Tavares dalam keterangan ter￾tulisnya, kemarin.

“Masih banyak peluang kerja sama yang dapat ditingkatkan, mengingat komoditas dan produk kedua negara bersifat komplementer,” sambungnya
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.