Dark/Light Mode

Lewat KBRI Amman

Sumbangan Daging Kurban Diterima 264 Keluarga Palestina

Jumat, 16 Agustus 2019 22:29 WIB
Duta Besar Andy Rachmianto (pakai peci) menyerahkan daging kurban kepada salah seorang pengungsi Palestina. (Foto KBRI Amman)
Duta Besar Andy Rachmianto (pakai peci) menyerahkan daging kurban kepada salah seorang pengungsi Palestina. (Foto KBRI Amman)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada masa liburan Idul Adha 1440 H, Rabu (13/8), Duta Besar Republik Indonesia untuk Yordania merangkap Palestina Andy Rachmianto mengunjungi kamp pengungsi Palestina di Baq'a Amman Utara, untuk membagikan daging kurban sumbangan dari masyarakat Indonesia. Bantuan daging kurban terdiri dari 66 ekor kambing. Yang dipotong atas nama para donator di Tanah Air telah dibagikan kepada 264 keluarga pengungsi Palestina yang telah antre sejak pukul 10.00 pagi di pelataran kantor National Employment Center.

 

Baca juga : Pola Hidup Dan Pangan Sehat Obat Tekan Defisit BPJS Kesehatan

Sumbangan yang dikumpulkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Yayasan Baitul Maal (YBM) disalurkan melalui kerja sama dengan Jordan Hashemite Charity Organization (JHCO). Penyaluran bantuan kemanusiaan dalam bentuk daging kurban ini merupakan tindak-lanjut ke kerja sama yang tertuang dalam Nota Kesepahaman antara Baznas dan JHCO yang ditandatangani di Jakarta Oktober 2018.

Meskipun tidak melihat langsung proses pemotongan, menurut keterangan pihak JHCO, 66 ekor kambing asal Rumania tersebut disembelih di rumah pemotongan di satu tempat di Rumania. Hal ini dilakukan karena harga kambing asal Rumania lebih murah dibandingkan kambing lokal.

Baca juga : YLKI : Daging Kurban Jangan Dibungkus Kantong Plastik Warna Merah & Hitam

“Pembagian daging kurban ini sekali lagi merupakan bukti kepedulian masyarakat Indonesia terhadap nasib para pengungsi Palestina, khususnya yang berada di Yordania,” kata Dubes Andy.

Lebih jauh lagi, kata Dubes Andy, kerja sama antara Baznas, YBM dan JHCO merupakan bagian dari pelaksanaan diplomasi kemanusiaan RI sebagaimana diamanatkan Presiden Jokowi.

Baca juga : Kambing Kurban Promo Rp 1,4 Jutaan

“Atas nama Pemerintah RI, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan atas partisipasi aktor-aktor non-pemerintah seperti Baznas dan YBM dalam mendukung diplomasi kemanusiaan RI di Yordania,” keterangan Dubes Andy.

Kegiatan sosial ini dan dengan semangat Idul Qurban, rakyat Indonesia dapat berbagi rezeki kepada saudara-saudari sesama Muslim yang sedang menghadapi kesulitan hidup, khususnya yang telah menetap selama lebih dari 70 tahun di kamp pengungsi Palestina. Kegiatan kemanusiaan ini sekaligus merupakan bukti ketegasan sikap Indonesia selalu bersama Palestina dalam situasi dan kondisi apapun. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.