Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hasil Daur Ulang

YLKI : Daging Kurban Jangan Dibungkus Kantong Plastik Warna Merah & Hitam

Sabtu, 10 Agustus 2019 05:35 WIB
Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi. (Foto : Istimewa)
Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengimbau warga untuk menghindari penggunaan kantong plastik sebagai tempat untuk membungkus daging kurban pada Idul Adha 1440 Hijriyah. 

Alasannya, ada zat yang terkandung dalam kantong plastik yang membuat daging tersebut terkontaminasi. Selain itu, YLKI mengharapkan adanya pengurangan penggunaan plastik.

Baca juga : Dituntut 8 Tahun Penjara, Hak Politik Taufik Dicabut 5 Tahun

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, mengatakan, panitia penyelenggara pembagian daging kurban sebaiknya menyiapkan tempat selain plastik untuk membungkus daging kurban.

“Saya ingin daging kurban yang dibagikan ke warga tidak dibungkus dengan kantong plastik karena zat-zat yang ada dalam plastik bisa membuat daging tidak higenis. Lalu, perlu diingatkan Indonesia adalah penghasil sampah plastik terbesar kedua di dunia,” katanya, Sabtu (10/8).

Baca juga : Industri Daur Ulang Sulap Limbah Plastik Punya Nilai Tambah

Kemudian, kata dia, jika nanti pun panitia penyelenggara daging kurban tidak ada pilihan lain untuk membungkus daging dengan kantong plastik, maka panitia harus memastikan daging kurban tersebut baik dikonsumsi dengan dua cara.

Pertama, panitia harus menjamin plastik yang digunakan merupakan jenis plastik yang ramah lingkungan, jenis plastik yang gampang/mudah diurai oleh lingkungan (biodegradable). 

Baca juga : Yang Sudah Baik Jangan Dibongkar-bongkar Lagi

Kedua, panitia harus menjamin jenis plastik yang digunakan adalah jenis food grade, jenis plastik yang aman untuk pembungkus makanan, termasuk daging kurban. Tidak dianjurkan untuk menggunakan plastik yang berwarna seperti merah dan hitam.

“Jangan sampai daging kurban dibungkus dengan kantong plastik berwarna hitam karena plastik hitam dibuat dari hasil daur ulang berbagai macam plastik yang tidak higenis. Sehingga warga harus berhati-hati,” ujar dia. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.