Dark/Light Mode

Korban Tewas Gempa Tembus 34.000 Orang

Lagi, Ratusan Tim Medis RI Diterbangkan Ke Turki

Selasa, 14 Februari 2023 00:05 WIB
Indonesia mengirimkan misi kemanusiaan untuk gempa Turki, yaitu Emergency Medical Team. Tim berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Senin, 13 Februari 2023. (Foto RM/Kemlu RI)
Indonesia mengirimkan misi kemanusiaan untuk gempa Turki, yaitu Emergency Medical Team. Tim berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Senin, 13 Februari 2023. (Foto RM/Kemlu RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah pengiriman Tim Medium Urban Search and Rescue pada Sabtu (11/2), Indonesia kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Turki, yaitu Emergency Medical Team (EMT).

Pengiriman ini dilepas Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto dan Sekjen Kemenkes, Kunta Wibawa Dasa Nugraha di Lanud Halim Perdana Kusuma, kemarin. Yang berangkat, 120 personel dokter dan tenaga medis EMT berasal dari Kemenkes, TNI, Polri dan Ormas.

Baca juga : Tim Medis RI Tangani Korban Patah Tulang

Rombongan ini termasuk dua orang perwakilan dari Kementerian Luar Negeri dan 1 orang dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Otoritas Turki meminta EMT Indonesia membangun Field Hospital di wilayah paling parah terdampak, yaitu Distrik Hassa di Provinsi Hatay,” jelas pernyataan Kemlu, kemarin.

Baca juga : Korban Jiwa Gempa Turki Lebih Dari 2.300, KBRI Ankara Sampaikan 4 Hal Penting

Selain personel EMT, bantuan logistik yang terdiri dari peralatan medis, obat-obatan, logistik pengungsian, generator listrik, dan bahan makanan, juga ikut diterbangkan dalam pengiriman ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.