Dark/Light Mode

Turki Evakuasi 8.000 Orang Korban Gempa

Erdogan Terharu RI Dan Banyak Negara Ikut Bantu

Rabu, 15 Februari 2023 22:30 WIB
Pemerintah Turki menyampaikan ucapan terima kasih kepada banyak negara yang membantu penanganan korban gempa. Salah satunya, Indonesia, satu-satunya negara yang memperbantukan pesawat angkut Hercules C-130 beserta awaknya. (Foto RM/KBRI Ankara
Pemerintah Turki menyampaikan ucapan terima kasih kepada banyak negara yang membantu penanganan korban gempa. Salah satunya, Indonesia, satu-satunya negara yang memperbantukan pesawat angkut Hercules C-130 beserta awaknya. (Foto RM/KBRI Ankara

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Turki menyampaikan ucapan terima kasih kepada banyak negara yang membantu penanganan korban gempa. Salah satunya, Indonesia, satu-satunya negara yang memperbantukan pesawat angkut Hercules C-130 beserta awaknya.

Pesawat yang datang ke Turki untuk mengangkut peralatan SAR serta bantuan kemanusiaan gelombang pertama pada 12 Februari lalu tersebut diperpanjang masa penugasannya. Pesawat itu diperbantukan untuk mengangkut logistik dari berbagai daerah di Turki ke wilayah yang terdampak gempa.

Baca juga : Rakyat Turki Marah, Erdogan Terancam

“Bapak Menteri Pertahanan RI yang memberikan perintah agar pesawat Hercules dan crews tersebut terus diperbantukan kepada pihak Turki untuk penanggulangan bencana. Beliau paham dalam situasi seperti ini masalah supply logistik menjadi sangat kritis,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal dalam keterangan tertulisnya yang diterima, kemarin.

“Pihak Turki sangat berterima kasih. Indonesia adalah satu-satunya negara yang meminjamkan pesawat angkut kepada Pemerintah Turki,” imbuh Dubes Iqbal.

Baca juga : Sedihnya, Korban Gempa Suriah Kesulitan Dapat Bantuan

Selama di Turki, pesawat Hercules milik TNI AU tersebut tersebut akan berbasis di Lanud Militer Turki Estimesgut, Ankara.

“Kami sudah langsung berkoordinasi dengan Operation Center Angkatan Udara Turki untuk menentukan jadwal, rute dan misi pesawat. Yang jelas, seluruh crew sudah sepenuhnya siap menjalankan misi kemanusiaan bagi saudara-saudara kami di Turki,” ujar Kolonel Penerbang Wisoko, Mission Commander pesawat tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.