Dark/Light Mode

Perempuan Iran Pra & Pasca Revolusi Islam

Jumat, 17 Februari 2023 07:02 WIB
Pilot perempuan Iran, Kapten Neshat Jahandari (kiri) bersama Co-Pilot-nya, Forouz Firouzi. [Foto: intellinews.com]
Pilot perempuan Iran, Kapten Neshat Jahandari (kiri) bersama Co-Pilot-nya, Forouz Firouzi. [Foto: intellinews.com]

 Sebelumnya 

Menurut statistik terbaru, 56% perempuan Iran berpartisipasi dalam pemilu sementara partisipasi kaum lelaki hanya 52%, yang berarti perempuan tampaknya merasa lebih bertanggung jawab untuk berpartisipasi dibandingkan lelaki.

Setelah kemenangan Revolusi Islam, dari tahun 1978 hingga 2022, di bidang pendidikan, jumlah dosen perempuan di universitas meningkat sebesar 33,3% dan di universitas ilmu kedokteran sebesar 34%. Selain itu, jumlah mahasiswi di universitas di Iran telah meningkat sebesar 56%.

Setelah Revolusi Islam hingga tahun 2022, terdapat lebih dari 9.500 penulis perempuan dan 840 penerbit perempuan aktif di Iran.

Di bidang kesehatan, lebih dari 95% persalinan dilakukan oleh dokter perempuan spesialis kebidanan dan kandungan. Untuk setiap 100 ribu perempuan di Iran, terdapat 60 bidan dan 2,8 dokter kandungan yang bekerja.

Saat ini, kami telah mengalami pertumbuhan 17% di bidang ini dan kami telah mencapai 30 ribu spesialis dari hanya 597 spesialis perempuan sebelum revolusi. Selain itu, penerapan jaringan jaminan kesehatan universal untuk 100% penduduk perkotaan dan 99% penduduk desa dan perantau yang selalu singgah dari satu tempat ke tempat lain.

Ini bukan satu-satunya bidang di mana perempuan Iran telah mencapai kesuksesan yang signifikan. Di bidang ketenagakerjaan dan kewirausahaan, 4.200 dana kredit mikro perempuan pedesaan telah beroperasi dengan alokasi 1.200 miliar real kredit pemerintah. Juga, 2.390 perempuan bekerja sebagai anggota dewan perusahaan berbasis pengetahuan.

Di bidang olahraga, terdapat 16.111 klub olahraga perempuan. Juga, 3.302 medali telah dimenangkan oleh atlet perempuan di ajang dunia baru-baru ini. Setelah revolusi, 70 perempuan menjadi presiden komite olahraga di tingkat provinsi, dan 51 perempuan menjadi presiden dan wakil presiden federasi olahraga. 88.366 wasit perempuan telah bekerja di kompetisi nasional dan internasional dan aktif di 97 kursi federasi olahraga dunia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.