Dark/Light Mode

Buat Pohon Air, Cara Warga Cilagontang Meriahkan HUT ke-74 RI

Selasa, 13 Agustus 2019 14:34 WIB
Pohon air di Cigalontang, Tasikmalaya. (Foto: USU/RM)
Pohon air di Cigalontang, Tasikmalaya. (Foto: USU/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suasana semarak dalam menyambut HUT ke-74 RI terlihat di daerah Cilagontang, Tasikmalaya, Jawa Barat. Meski jauh dari kota, warga di daerah ini begitu semangat. Berbagai hiasan mereka buat dan pajang di sepanjang jalan dari arah Singaparna sampai Kecamatan Cilagontang.

Hiasannya macam-macam. Mulai dari memasang lampung hias dengan berbagai bentuk, membuat patung bertema kemerdekaan, membuat gapura, membuat panjang pinang mini  memasang umbul-umbul sepanjang jalan, dan yang paling menarik adalah membuat pohon air.

Baca juga : Lomba Panco dan Poco-poco Meriahkan Semarak HUT RI ke-74 di Paris

Pohon ini dibuat dari sebatang bambu atau tangkai pohon tangkai yang sudah kering. Kemudian dibuatkan ranting-ranting di bagian puncak dan tengahnya. Rantingnya dibuat menyerupai payung.

Di ranting tersebut kemudian digantung berbagai kantong pelastik kecil berisi air warna-warni. Air yang digantung merupakan air biasa yang diberi pewarna makanan. Warna-warna yang mencolok dan cerah membuat hiasan terlihat unik dan mencolok. 

Baca juga : Surya Paloh Terima Penghargaan Bintang Astha Hannas Utama

Salah seorang warga menyatakan, di kampungnya, membuat pohon air memang tradisi dalam setiap menyambut HUT ke-74 RI. Warga ramai-ramai membuat pohon air tersebut kemudian memasangkan di pinggir jalan.

"Setiap HUT RI warga di sini memang punya tradisi membuat pohon air ini. Sudah sejak lama," ucapnya, Selasa (13/8). [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.