Dark/Light Mode

Belum Pulih Kena Gempa, Dibombardir Israel

Kasihan Suriah, Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Senin, 20 Februari 2023 23:47 WIB
Musa Hmeidi (6), bocah Suriah yang berhasil diselamatkan dari bawah reruntuhan bangunan yang ambruk, empat hari setelah gempa menghantam daerah tersebut, di Kota Jindayris, Provinsi Aleppo, yang dikuasai pemberontak. (Foto AFP/Bakr Alkasem)
Musa Hmeidi (6), bocah Suriah yang berhasil diselamatkan dari bawah reruntuhan bangunan yang ambruk, empat hari setelah gempa menghantam daerah tersebut, di Kota Jindayris, Provinsi Aleppo, yang dikuasai pemberontak. (Foto AFP/Bakr Alkasem)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rakyat Suriah semakin menderita. Belum pulih pasca diguncang gempa hebat, negeri mereka dibombardir militer Israel. Kasian Suriah, sudah jatuh tertimpa tangga.

Tentara Negeri Zionis menggempur Suriah melalui serangan udara, Minggu (19/2). Tujuannya diduga melemahkan Iran.

Baca juga : Ganjar Pranowo Pastikan Stok Padi dan Beras di Wilayah Jateng Aman

Serangan ini menambah beban masalah negeri yang dipimpin Presiden Bashar Al Assad. Seperti diketahui, Suriah tengah sibuk menanggulangi bencana gempa. Lebih dari 46.000 orang tewas di Suriah dan Turki setelah gempa bumi dahsyat berkekuatan Magnitudo 7,8 dan Magnitudo 7,5 pada 6 Februari lalu.

Jumlah korban tewas di Turki mencapai hampir 41.000 orang, sementara tetangganya, Suriah, melaporkan lebih dari 5.800 orang tewas.

Baca juga : AS-Kemenag Gelar Pelatihan 600 Guru Bahasa Inggris

“Serangan itu adalah kejahatan terhadap kemanusiaan, terutama karena Suriah berpacu dengan waktu dalam menghadapi konsekuensi bencana dari gempa yang menghancurkan,” kata Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanani mengecam serangan Israel. “Mencoba memperburuk rasa sakit dan penderitaan rakyat Suriah di saat mereka dihadapkan pada dampak gempa bumi yang merusak baru-baru ini,” tegasnya.

Baca juga : Kaji Pembenahan Industri Kreatif Sepak Bola Indonesia

Kanani mendesak Dewan Keamanan PBB untuk bereaksi terhadap serangan terbaru Israel.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.