Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes Rosan: Aksi Kolektif Mantapkan Kontribusi Indonesia Di Bank Dunia Dan IMF

Senin, 27 Februari 2023 13:52 WIB
Managing Director Bank Dunia Mari Elka Pangestu (tengah) melihat karikatur bergambar wajahnya, didampingi Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani (kiri) dan Direktur Eksekutif Bank Dunia Wempi Saputra/Istimewa
Managing Director Bank Dunia Mari Elka Pangestu (tengah) melihat karikatur bergambar wajahnya, didampingi Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani (kiri) dan Direktur Eksekutif Bank Dunia Wempi Saputra/Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani menegaskan, aksi kolektif sangat diperlukan untuk memantapkan kontribusi Indonesia di berbagai organisasi internasional, seperti Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Saat ini dua ekonom asal Indonesia, yaitu Mari Elka Pangestu menempati posisi penting di Bank Dunia. Mantan Menteri Perdagangan itu dipercayakan sebagai Managing Director Bank Dunia. 

Selain itu, mantan Staf Ahli Menteri Keuangan Wempi Saputra juga diangkat sebagai Direktur Eksekutif Bank Dunia.  

Wempi Saputra menempati posisi Direktur Eksekutif Bank Dunia sejak November 2022. Dia mewakili sejumlah negara seperti Indonesia, Brunei Darussalam, Fiji, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Nepal, Thailand, Vietnam dan Tonga.

Baca juga : Dukung Sarana Peternakan Di Sumut, Pupuk Indonesia Bangun Sumur Bor

“Saya yakin, visi jangka panjang dan strategi besar, keterwakilan dan kontribusi Indonesia akan menghadirkan perbaikan signifikan bagi negara dan dunia,” kata Dubes Rosan pada acara Meet and Greet yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC, pada akhir pekan lalu, melalui keterangan tertulis, Senin (27/2).

Dubes Rosan mengaku bangga bertemu para tokoh dan sosok hebat yang memiliki pencapaian kelas dunia. 

Menurutnya, prestasi Mari Elka Pangestu yang dikenal sebagai guru besar Universitas Indonesia (UI) adalah sangat mengagumkan sekaligus membawa nama harum bangsa dan negara.

“Saya bangga atas kontribusi luar biasa Ibu Mari Elka Pangestu sebagai Managing Director Bank Dunia, selama tiga tahun terakhir. Ini menjadi suara penting bagi Indonesia dan dunia. Saya menantikan pencapaian lainnya di masa depan dalam pembangunan global,” ujar Dubes Rosan.

Baca juga : Pengamat UI: Rasio Kepemilikan Mobil Di Indonesia Masih Rendah

Dubes Rosan juga mengucapkan selamat bertugas kepada Wempi Saputra atas pengangkatannya sebagai Direktur Eksekutif Bank Dunia. 

“Kami di KBRI Washington DC akan selalu siap mendukung,” katanya.

Menurutnya, selain Mari Elka Pangestu dan Wempi Saputra, acara Meet and Greet juga dihadiri 93 orang Indonesia yang bekerja di Bank Dunia dan 11 orang yang bekerja di International Monetary Fund (IMF).

“Ini pertemuaan yang penuh keakraban dan persaudaraan,” ujar Dubes Rosan.■

Baca juga : Kompaknya Kowal Indonesia Dan Sri Lanka Di Kapal Perang RI

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.