Dark/Light Mode

HNW Apresiasi Peran NU Untuk Indonesia Dan Dunia

Kamis, 9 Februari 2023 15:21 WIB
Ketua PKS Jawa Timur Irwan Setiawan hadir bersama Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid di GOR Sidoarjo, Jaw Timur, Selasa (7/2). (Foto: Istimewa)
Ketua PKS Jawa Timur Irwan Setiawan hadir bersama Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid di GOR Sidoarjo, Jaw Timur, Selasa (7/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Harlah 1 Abad NU disambut gegap gempita. Jutaan manusia berkumpul merayakan 100 tahun ormas Islam terbesar di seluruh dunia.

Ketua PKS Jawa Timur Irwan Setiawan hadir membersamai Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, di GOR Sidoarjo, Selasa (7/2).

Keduanya mengucapkan selamat dan memberi apresiasi atas kiprah NU dan harapan baik bagi kelanjutan kiprah positif NU untuk umat, Indonesia dan peradaban dunia.

Ramainya pengunjung perhelatan 1 Abad NU, membuat mobil yang ditumpangi Hidayat dan Irwan terhenti. Keduanya berjalan sejauh kira-kira 1 KM menuju tempat kegiatan. Hidayat Nur Wahid sebagai undangan VIP masuk ke dalam GOR, sementara Irwan berbaur dengan peserta lain di luar GOR.

Baca juga : Mitsubishi Indonesia Ganti Presiden Direktur

Dalam kesempatan itu, Hidayat menyampaikan bahwa kegiatan perayaan 1 Abad NU ini membuat masyarakat dapat melihat fakta bahwa NU menghadirkan kebangkitan para ulama dan umat, yang mengundang apresiasi dari banyak pihak, baik pemerintah maupun masyarakat umum, bahkan pujian dari tokoh-tokoh internasional.

"Ini terbukti dengan diundang dan hadirnya para ulama di kancah internasional yang membahas tentang Fiqih Peradaban. Ini menandakan bahwa kebangkitan ulama yang dicanangkan KH. Hasyim Asyari, KH. Wahab Hasbullah dan KH. Bisri Syansuri pada satu abad yang lalu ternyata dapat terus diwujudkan, dan kita bisa menyaksikan salah satu hasilnya," kata pria yang juga menjadi Wakil Ketua Majelis Syuro PKS itu.

Tak hanya itu, ia menyebut NU tak hanya berhasil menghimpun kebangkitan ulama, namun juga membangkitkan semangat ummat.

"Kita bisa melihat bagaimana para Ulama mengapresiasi dan masyarakat berbondong-bondong datang ke syukuran 1 Abad NU, meskipun berasal dari tempat yang jauh, Masya Allah. Bangkitnya ulama selalu disertai dengan kebangkitan ummatnya," katanya mengapresiasi.

Baca juga : Gebrakan Indonesia Ditunggu Di ASEAN

Hidayat menegaskan bahwa NU adalah gerakan yang menghadirkan nuansa Islam yang rahmatal lil alamin, yang sejuk dan bisa diterima siapa saja. Dan berharap agar prinsip positif ini akan terus menyertai NU di abad ke 2 nya.

Tak hanya Hidayat, menyaksikan secara langsung perhelatan resepsi puncak 1 Abad NU membuat Irwan takjub dengan antusiasme pengunjung yang hadir di Jawa Timur dari seluruh Indonesia.

Menurutnya, antusiasme masyarakat Indonesia dalam menghadiri kegiatan ini sangatlah bisa dipahami, karena melihat peran Nahdlatul Ulama sangat luar biasa dalam membangun bangsa Indonesia, ternasuk di Jawa Timur.

"Karenanya saya mengajak seluruh pengurus dan anggota PKS di seluruh Jawa Timur untuk meneladani kiprah perjuangan para kiai yang banyak berkontribusi untuk Indonesia," tegasnya.

Baca juga : Ikut Partisipasi Bulan Literasi Kripto, Indodax Galakkan Edukasi

Dia juga meminta seluruh anggota PKS terus berjuang berkiprah membangun Jawa Timur, menjaga aqidah ahlussunnah wal jamaah dan NKRI.

Pria yang pernah menjadi anggota legislatif provinsi Jawa Timur selama dua periode ini yakin akan peran NU yang menuju ke abad kedua ini untuk terus berkiprah memberikan kontribusi membangun dan menjaga NKRI agar lebih baik ke depan.

"Saya merasa sangat bersyukur bisa hadir dan mendampingi Bapak Hidayat Nur Wahid dalam kegiatan yang bersejarah ini," ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.