Dark/Light Mode

Pacari Mumi Usia 800 Tahun

Kamis, 2 Maret 2023 23:32 WIB
Otoritas Kementerian Kebudayaan Peru sedang memeriksa mumi Juanita. (Foto Puno TV/AFP via Getty Images)
Otoritas Kementerian Kebudayaan Peru sedang memeriksa mumi Juanita. (Foto Puno TV/AFP via Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Julio Cesar Bermejo, menjalin hubungan dengan mumi berusia 800 tahun. Pria yang berprofesi sebagai pengemudi mobil pengiriman barang itu, bahkan berbagi kamar dengan jenazah yang ia namakan Juanita.

Bermejo menanggap mumi yang dia beri nama Juanita sebagai kekasih spritualnya. Padahal, setelah polisi mengamankannya, diketahui bahwa mumi itu berjenis kelamin laki-laki.

Bermejo mengklaim, mumi itu merupakan warisan dari ayahnya. Dan telah bersama keluarganya selama 30 tahun.

Baca juga : Wisudawan Termuda Unisba, Lulus Kedokteran Di Usia 20 Tahun

“Di kamar, ada tempat tidur saya, TV, dan di sebelahnya, ada Juanita," ujar Bermejo, dilansir Daily Star, kemarin.

Polisi berhasil menemukan Bermejo dengan kekasihnya yang tidak biasa itu, saat sedang berada di sebuah situs arkeologi di Puno, Peru, Sabtu (25/2).

Menurut perkiraan, Bermejo kerap membawa mumi itu di berbagai kesempatan. Termasuk saat berkumpul dengan teman-temannya.

Baca juga : KPK Puas Maming Divonis 10 Tahun

Polisi menyita mumi Juanita, dan menyerahkannya ke Kementerian Kebudayaan Peru. Sedangkan Bermejo harus berurusan dengan pihak kepolisian. Dia didakwa melakukan kejahatan terhadap warisan budaya Peru.

Menurut Kementerian Kebudayaan Peru, Juanita merupakan mumi pria dewasa. Saat meninggal sekitar 600-800 tahun lalu, usianya sekitar 45 tahun. Tingginya kurang dari 150 centimeter. Lebih pendek dari tinggi rata-rata manusia saat ini.

"Lebih tepatnya Juan, bukan Juanita," canda seorang ahli di Kementerian Kebudayaan Peru.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.