Dark/Light Mode

HUT Kemerdekaan

Rohaniawan Katholik Indonesia di Italia Ikut Upacara

Rabu, 21 Agustus 2019 19:38 WIB
Duta Besar Republik Indonesia (KBRI) Roma Esti Andayani mengambil Bendera dari Kotak dan Menyerahkan Kepada  Paskibra. (Foto KBRI)
Duta Besar Republik Indonesia (KBRI) Roma Esti Andayani mengambil Bendera dari Kotak dan Menyerahkan Kepada Paskibra. (Foto KBRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia diperingati dengan sederhana namun meriah di Roma, Italia. Pada 17 Agustus 2019, sekitar 350 warga Indonesia dari berbagai kota di Italia berkumpul di KBRI Roma untuk mengikuti Upacara Pengibaran Bendera dan Panggung Gembira. Menjelang pukul 10 pagi upacara dimulai, dipimpin Atase Pertahanan KBRI Roma, Kolonel Laut (E) Wachyad sebagai Komandan Upacara. Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani bertindak selaku Inspektur Upacara.

Para warga Indonesia maupun keluarganya dengan khidmat mengikuti upacara bendera. Mereka datang dengan menggunakan beragam kostum nusantara sejak pagi hari. Bendera dikibarkan enam orang Paskibra, sebagian dari mereka adalah anak-anak Indonesia yang lahir dan besar di Italia. Tepat pukul 10 pagi, suara gong berkumandang 17 kali sebagai penanda detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Pada kesempatan ini, hadir pula Duta Besar RI untuk Tahta Suci Vatikan, Agus Sriyono beserta staf dan keluarga.

Baca juga : Kejuaraan Tenis Meja Pelajar Asia, Indonesia Raih Perunggu

Tampak pemandangan unik, karena sebagian peserta upacara adalah para rohaniawan Katholik Indonesia dari berbagai biara di Italia yang secara khusus hadir untuk bersuka cita bersama. Para rohaniawan Katholik Indonesia di Italia berada di bawah pelayanan dari KBRI Vatikan. Mereka tergabung dalam Panggung Gembira dimeriahkan Irrika (Ikatan Rohaniwan Rohaniwati di Kota Abadi).

Menutup rangkaian upacara, aubade angklung KBRI Roma tampil harmonis membawakan berbagai lagu nasional dan daerah. Grup angklung ini terdiri dari para anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Roma dan keluarga besar KBRI Roma, termasuk anak-anak dan para ayah mereka. Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) Bandung juga ikut berpartisipasi, dengan menyanyikan lagu "Hari Merdeka" dan "Bangun Pemudi-Pemuda" pada aubade, yang disambut peserta upacara dengan meriah. Mereka juga menampilkan ragam lagu daerah dengan kostum nusantara yang menarik. Penampilan ini dilaksanakan sebelum mereka mengikuti kejuaraan paduan suara di Arezzo, Italia pada tanggal 23-24 Agustus 2019.

Baca juga : Peluang Kakao Indonesia Banjiri Pasar Uni Eropa

Duta Besar Esti Andayani menyampaikan makna dari tema Peringatan HUT ke-74 RI "SDM Unggul Indonesia Maju", mengenai pentingnya memperkuat sumber daya manusia Indonesia, termasuk yang tinggal di luar negeri. Dubes Esti juga meneruskan pesan Presiden Joko Widodo bahwa di masa globalisasi dan industrialiasi ini, kompetisi global semakin ketat, sehingga Indonesia harus menghadapi persaingan dengan kreativitas, inovasi, dan kecepatan yang kita miliki.

Para pengibar bendera yang mayoritas lahir dan besar di Italia menjalani latihan yang cukup ketat di bawah bimbingan pelatih Kol. Laut (E) Wachyad dan Inspektur Polisi Satu (Iptu) Friska Nufrida. "Saya sangat terkesan dengan semangat para anggota Paskibra KBRI Roma. Mereka bukan saja belajar baris-berbaris, tapi juga ada yang harus belajar berbagai istilah dalam bahasa Indonesia dan nilai-nilai Pancasila," ujar Iptu Friska, Sekretaris Pribadi Dubes RI di Roma yang juga purna Paskibraka 2008, dalam keterangan pers.

Baca juga : Warna Indonesia Turut Rawat Keberagaman Budaya

Setelah upacara selesai, acara dilanjutkan dengan Panggung Gembira dengan suguhan pertunjukan musik dan tarian oleh masyarakat Indonesia dan PSM Unpad. Teriknya sinar matahari di tengah musim panas tidak menyurutkan hasrat warga Indonesia berbagi keceriaan. Tidak ketinggalan, sajian makanan khas Indonesia menjadi pengobat rindu bagi para warga. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.