Dark/Light Mode

Dubes RI Bulgaria Iwan Bogananta Bertemu Menteri Trenggono, Bahas Potensi Kerja Sama

Kamis, 9 Maret 2023 06:48 WIB
Menteri Sakti Wahyu Trenggono (kiri) dan Dubes Iwan Bogananta di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Senin (6/3). (Foto RM/KBRI Sofia)
Menteri Sakti Wahyu Trenggono (kiri) dan Dubes Iwan Bogananta di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Senin (6/3). (Foto RM/KBRI Sofia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kunjungan kerjanya ke Jakarta, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta melakukan pertemuan dengan Menteri Kelautan Dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Senin (6/3).

Dubes Iwan mengajak Menteri Kelautan membahas potensi kerja sama dalam sektor kelautan.

Menurut Dubes Iwan, Bulgaria adalah negara pengimpor produk perikanan seperti ikan, udang dan cumi beku, ikan kaleng, rumput laut serta ikan segar. Negara importir terbesar sebagian berasal dari Eropa, Amerika dan Asia masih didominasi China dan Vietnam.

Baca juga : Dubes RI Iwan Bogananta Dorong Pengusaha Makanan Jajaki Pasar Eropa

“Produk perikanan Indonesia masih sangat rendah, dengan market share hanya sebesar 0,13 persen. Hambatan umum adalah tarif masuk yang cukup tinggi, sehingga kurang mampu bersaing dengan negara importir lainnya,” terang Dubes Iwan.

Dia menyebutkan, perusahaan besar dan para shareholder di Bulgaria banyak melirik potensi tersebut. Apalagi, Indonesia memiliki sumber daya yang cukup, karena hampir 62 persen wilayahnya dikelilingi laut.

Selain itu, Dubes Iwan juga mengatakan, bahwa di negara akreditasi, khususnya Bulgaria, memiliki coastal line sepanjang 378 km dari Laut Hitam. Sedangkan Albania lebih kurang 200 km dari Laut Adriatik dan Lonian. Kedua negara tersebut memiliki potensi bidang kelautan seperti wisata bahari yang dapat dikembangkan dengan Indonesia.

Baca juga : Bupati Sambas Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Di Desa Samustida

Menteri Trenggono beserta jajarannya pun menyambut hangat kunjungan Dubes Iwan. Ia mengamini terkait permasalahan tarif. Menurutnya, Indonesia harus melakukan penjajakan secara bilateral sektor kelautan dan perikanan melalui pasar non-tradisional seperti Bulgaria, Makedonia Utara dan Albania.

Menteri Trenggono juga berharap Dubes Iwan mengajak para investor asal Bulgaria untuk masuk ke pasar Indonesia.

“Sumber daya kita banyak dan kita cukup besar. Ayo, ajak mereka berinvestasi di Indonesia, khususnya membangun dunia perikanan dan kelautan Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : Surya Paloh: Mudah-mudahan, Suasana Kebatinan Sama

Trenggono rencananya dalam waktu dekat akan melakukan kunjungan kerja ke Bulgaria, guna menjajaki dan melihat potensi di bidang kelautan, khususnya wilayah pesisir Laut Hitam. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.