Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Catatan Perjalanan Ke Iran (1)

Keindahan Alborz, Menyapa Setiap Pendatang Ke Teheran

Kamis, 9 Maret 2023 06:15 WIB
Keindahan Pegunungan Alborz, menyapa setiap pendatang ke Teheran. [Foto: Rusma/RM.id]
Keindahan Pegunungan Alborz, menyapa setiap pendatang ke Teheran. [Foto: Rusma/RM.id]

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada 18 hingga 25 Februari 2023 lalu, wartawan Rakyat Merdeka & RM.id, Muhammad Rusmadi berkesempatan mengunjungi Iran. Kunjungan ini difasilitasi oleh Konselor Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Islam Iran di Indonesia, Dr Mohammad Reza Ebrahimi. Berikut catatan perjalanannya:

Iran merupakan salah satu negara yang bikin saya penasaran. Mungkin karena terus dihajar beragam sanksi internasional, negeri ini terkesan tak seperti kebanyakan negara-negara lainnya.

Baca juga : Lestari: Atasi Potensi Konflik Pertanahan, Bangun Sistem Pendataan Akurat

Tapi, hubungan diplomatik Indonesia-Iran telah dimulai sejak 1950. Jadi, Iran adalah juga sahabat Indonesia.

Saat berkesempataan mengunjungi Iran, tentu saya amat antusias. Pesawat yang saya tumpangi, Qatar Airways mendarat di Imam Khomeini International Airport di Teheran, Ibu Kota Iran pada pukul 10:50 waktu Teheran.

Imam Khomeini International Airport di Teheran. [Foto: Rusma/RM.id]

Baca juga : Penyaluran Kredit Naik 2 Kali Lipat, Modal Rakyat Siap Perluas Kemitraan

Begitu mobil jemputan saya keluar dari bandara, yang berjarak sekitar 30 kilometer sebelah selatan pusat kota Tehran ini, “Wow! Surprise!” Pemandangan di jalanan, menyimpan kejutan bagi para pendatang.

Teheran memang terletak di kaki pegunungan Alborz. Pegunungan Alborz juga dieja dengan Alburz atau Elburz, merupakan pegunungan di Iran utara. Barisan pegunungan dengan puncak tertinggi 5.671 meter ini, membentang dari perbatasan Armenia di barat laut sampai ujung selatan Laut Kaspia, berakhir di timur, perbatasan Turkmenistan dan Afganistan.

Baca juga : Srikandi Ganjar Kalbar Gelar Seminar Public Speaking

Puncak tertinggi pegunungan Alborz ada di wilayah Iran. Sementara gunung tertinggi di Timur Tengah, Gunung Damavand, merupakan bagian pegunungan yang perkasa ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.