Dark/Light Mode

Menlu RI Retno Marsudi Dan Menlu AS Blinken Face To Face Di G20 India

Jumat, 10 Maret 2023 08:52 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menlu Amerika Serikat Antony Blinken, Kamis, 2 Maret 2023, ketika menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di New Delhi, India. (Foto Twitter @Menlu_RI)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menlu Amerika Serikat Antony Blinken, Kamis, 2 Maret 2023, ketika menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di New Delhi, India. (Foto Twitter @Menlu_RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Amerika Serikat Antony Blinken, face to face, Kamis, 2 Maret 2023, saat menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di New Delhi, India. Mereka membahas tantangan keamanan regional dan global.

Dalam keterangannya, Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, mengatakan, pertemuan itu merupakan kelanjutan dari percakapan kedua menlu melalui telepon pada 16 Februari 2023.

“Kita (Indonesia dan AS) merupakan mitra strategis, jadi kami bersemangat untuk bekerja sama dengan anda, baik dalam isu bilateral maupun masalah global yang mendesak,” kata Menlu Retno dalam pertemuan tersebut.

Sementara itu, Menlu Blinken menyoroti kepemimpinan dan keberhasilan Indonesia dalam menggelar rangkaian pertemuan G20 pada 2022.

Baca juga : Menlu Retno: RI Siap Penuhi Kebutuhan Pekerja Di Jepang

“Seperti biasa, saya senang bisa bertemu anda," kata Blinken mengawali ucapannya.

"Kepemimpinan Indonesia di G20 tahun lalu sangat sukses,” puji Blinken.

Ia menambahkan, meski Keketuaan G20 ada di tangan India, tetapi Indonesia dapat  menindaklanjuti sejumlah hal yang menjadi fokus Indonesia. Dan tentu saja, mengenai kepemimpinan Indonesia di ASEAN.

Dalam pertemuan itu, Menlu Retno dan Menlu Blinken juga menyoroti kerja sama AS-ASEAN selama tahun keketuaan Indonesia di ASEAN dan kepemimpinan Indonesia dalam bidang pendidikan perempuan dan anak perempuan di Afghanistan.

Baca juga : Bu Retno Harumkan Indonesia

Menurut Blinken, tahun ini menjadi kesempatan yang baik untuk mengevaluasi tentang G20, ASEAN, serta kemitraan strategis yang dimiliki Indonesia dan AS dalam berbagai aspek yang menjadi kepentingan dan perhatian bersama.

Ketika menanggapi pernyataan Menlu AS itu, Menlu Retno menyampaikan terima kasih atas dukungan kuat AS selama masa presidensi Indonesia di G20 tahun lalu.

“Dan tentunya tahun ini adalah Keketuaan Indonesia di ASEAN, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan anda lagi untuk mempererat hubungan bilateral dengan AS dan ASEAN,” ujar Retno.

“Saya yakin Anda akan mendukung keketuaan Indonesia di ASEAN, dan Anda akan mendukung sentralitas ASEAN,” katanya, menambahkan.

Baca juga : Di Depan Menteri ESDM, CEO Hitachi Energy Tegaskan Dukungan Untuk Transisi Energi Di Indonesia

Menlu Blinken menambahkan bahwa Indonesia dan AS bekerja sama dengan sangat erat. “Dan tentu saja dalam kepemimpinan ASEAN. Tahun ini kita bekerja sama dengan sangat erat, dan merupakan kesempatan yang baik untuk membandingkan catatan tentang G20, tentang ASEAN,” pungkas Blinken.

Kedua menlu juga membahas berbagai tantangan keamanan, termasuk krisis yang sedang berlangsung di Myanmar.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.