Dark/Light Mode

Israel Ikut Piala Dunia U20 Di Tanah Air

Palestina Selalu Ada Di Hati Rakyat Indonesia

Jumat, 17 Maret 2023 06:24 WIB
Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun. (Foto Paul Yoanda/Rakyat Merdeka)
Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun. (Foto Paul Yoanda/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Beberapa dukungan untuk Palestina saat Piala Dunia berlangsung, salah satunya muncul dari anggota Tim Nasional Maroko, yang mengibarkan bendera Palestina. Dukungan ini terjadi usai Timnas Maroko menang melawan Kanada di babak penyisihan.

Di luar lapangan, pendukung Maroko juga menyanyikan yel-yel pro Palestina. Selain itu, pendukung Tunisia juga membentangkan bendera Palestina saat Tunisia melawan Australia.

Baca juga : Piala Dunia U-20, Erick Thohir Mau Beli Perangkat VAR

“Makanya, kami juga yakin Palestina akan tetap ada di hati masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Lebih lanjut, kata Zuhair, pihaknya telah melihat sendiri, para pejabat, lembaga dan masyarakat Indonesia, memiliki dukungan yang kuat kepada Palestina. Dia yakin, itu tidak akan berubah. Karena Indonesia konsisten membawa isu Palestina di berbagai forum. Baik regional, maupun internasional, seperti ASEAN dan Organisasi Negara-negara Islam (OKI).

Baca juga : Waketum MUI: Kami Mau Dengar Penjelasan Menlu Dulu

Pengamat Hubungan Internasional Universitas Padjajaran, Teuku Rezasyah mengatakan, tidak ada masalah terkait kedatangan Timnas Israel di ajang Piala Dunia U20. Dengan harapan, Israel tidak membesar-besarkan kedatangan tim mereka. Menurutnya, olahraga harus dipisahkan dengan isu politik.

“Yang penting, masalahnya jangan dibesar-besarkan, seperti ketemu tokoh, ketemu pejabat, menyandingkan benderanya dengan bendera kita, memasang bendera dia lebih tinggi dari kita,” kata Rezasyah.

Baca juga : Piala Dunia U-20, Erick Thohir: Stadion GBT Bisa Saingi GBK

Dia menyarankan agar Timnas U20 Israel dikawal dengan terbuka. Agar tidak ada official atau kru yang mencoba berbicara dengan masyarakat Indonesia.

“Selama tim Israel hanya melakukan aktivitas olahraga seperti yang seharusnya, tidak ada masalah,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.