Dark/Light Mode

Israel Ikut Piala Dunia U20 Di Tanah Air

Palestina Selalu Ada Di Hati Rakyat Indonesia

Jumat, 17 Maret 2023 06:24 WIB
Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun. (Foto Paul Yoanda/Rakyat Merdeka)
Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun. (Foto Paul Yoanda/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menegaskan, keikutsertaan Timnas Israel dalam Piala Dunia U20, tidak akan menggoyahkan dukungan RI untuk Palestina. Indonesia termasuk dari sedikit negara yang terus konsisten mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Dukungan Indonesia bagi Palestina, lanjutnya, juga ditegaskan lagi ketika kunjungan Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh ke Jakarta pada 24 Oktober 2022.

Baca juga : Piala Dunia U-20, Erick Thohir Mau Beli Perangkat VAR

Dia menambahkan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga selalu menyuarakan dukungan Indonesia kepada Palestina dalam berbagai forum internasional. Termasuk di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Dewan HAM PBB, juga dalam pertemuan para Menlu G20 di India baru-baru ini.

“Dalam pertemuan Dewan HAM awal Maret lalu, isu Palestina kembali diangkat Menlu, sekali pun dalam pertemuan tersebut tidak banyak negara yang mengangkat isu Palestina,” terang Faizasyah.

Baca juga : Waketum MUI: Kami Mau Dengar Penjelasan Menlu Dulu

Sementara Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut pemerintah telah menyiapkan berbagai jalur terkait kedatangan timnas Israel U20.

“Politik, diplomatik, keamanan, dan sebagainya sudah dibicarakan. Ditunggu aja nanti dirundingkan,” kata Mahfud di Universitas Islam Indonesia (UII), Sleman, pada pekan lalu.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.