Dark/Light Mode

Lantunan Angklung Dokter Indonesia Tarik Perhatian Warga Stockholm

Jumat, 23 Agustus 2019 12:44 WIB
(Foto KBRI Stockholm)
(Foto KBRI Stockholm)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suara merdu alat musik bambu terdengar bergema di pusat Kota Stockholm. Kamis (22/08/2019), tim dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bogor, memainkan angklung di kawasan Plattan, Sergels Torg, Stockholm.

Tim yang berjumlah 32 orang tersebut memainkan sejumlah lagu daerah dan populer Indonesia, seperti "Bubuy Bulan", "Bengawan Solo", "Mother How Are You Today", "Kopi Dangdut", dan "You Raise Me Up". Dubes RI, Bagas Hapsoro yang juga turut hadir menyatakan kebanggaannya atas penampilan tim angklung IDI Kota Bogor ini.

"Penampilan seperti ini, apalagi tampil di ruang terbuka di pusat Kota Stockholm, sungguh semakin memperkenalkan seni budaya Indonesia, khususnya musik angklung."

Baca juga : Kuliner Nusantara dan Angklung Meriahkan Peringatan HUT RI Ke-74 di Helsinki

Penampilan tim tersebut dirasa cukup spesial, karena tempat yang digunakan merupakan ruang terbuka di pusat Kota Stockholm. Mendapatkan izin tampilnya tidak mudah.

"KBRI sudah melakukan pendekatan dan mengajukan proposal kegiatan penampilan ini ke Kepolisian Stockholm sejak beberapa bulan sebelumnya, tambah Dubes Bagas.

Penampilan angklung tersebut mendapatkan animo tinggi dari orang-orang yang tengah lewat daerah tersebut. Mereka berhenti dan mendengarkan penampilan hingga selesai. Beberapa bahkan turut menyanyikan lagu-lagu yang dibawakan secara instrumental tersebut.

Baca juga : Besok, Turnamen Golf Terbesar di Indonesia Diselenggarakan di Jakarta

Pada sesi terakhir, para penonton diajak ikut bermain bersama. Para penonton berbaur dengan anggota tim untuk memainkan lagu "Mother How Are You Today". Dubes Bagas juga turut bergabung memainkan lagu tersebut bersama-sama menggunakan angklung.

Penampilan angklung tersebut kemudian ditutup dengan menari Maumere bersama. Tim angklung dari IDI Kota Bogor tersebut baru saja tampil di kegiatan Pesta Rakyat di KBRI Helsinki, Finlandia, tanggal 17 Agustus 2019.

Sebelum kembali ke tanah air, mereka mempertunjukkan keindahan lantunan musik angklung bagi masyarakat di Swedia. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.