Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Latihan Militer, Saudi Siap Amankan Pelaksanaan Haji

Selasa, 6 Agustus 2019 08:41 WIB
Tentara Saudi latihan menjelang pelaksanaan ibadah haji.  (Foto AAP)
Tentara Saudi latihan menjelang pelaksanaan ibadah haji. (Foto AAP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasukan militer Arab Saudi menggelar latihan militer di dekat kota suci Mekkah, Minggu (4/8), menjelang pelaksanaan ibadah haji. Latihan itu untuk menyampaikan pesan bahwa Saudi tidak sedikitpun memberikan celah terjadinya gangguan keamanan dalam pelaksanaan ibadah yang diikuti sekitar 3 juta jamaah dari berbagai negara.

Dilansir Associated Press, diperkirakan pada 10 Agustus nanti, jutaan jemaah akan melakukan wukuf di Padang Arafah kemudian lanjut ke Muzdalifah dan Mina.

Baca juga : Menkumham Pilihan Milenial: Mahfud MD dan Edward OS Hiariej

Saat latihan militer itu, para serdadu memamerkan kesigapannya dalam simulasi serangan teroris. Selama ini, Saudi berkali-kali menjadi target serangan drone dan rudal dari pemberontak Houthi asal Yaman. Sebagian besar rudal-rudal tersebut dapat ditembak jatuh rudal sistem pertahanan udara Saudi sebelum sampai sasaran.

Seperti diketahui, Saudi memimpin pasukan koalisi untuk melawan kekuatan pemberontak Houthi sejak 2015. Tak terhitung berapa serangan drone dan rudal yang ditembakkan ke Saudi. Salah satu serangan mematikan terjadi pada 12 Juni 2019, di mana rudal menghantam Bandara Abha, menewaskan satu orang dan melukai 26 lainnya. Juru bicara pasukan koalisi, Turki Al Malki, mengatakan, delapan korban luka harus men- jalani perawatan intensif akibat mengalami luka serius.

Baca juga : Umat Hindu Bali di Denmark Lakukan Persembahyangan Hari Kuningan

Pelaksanaan haji tahun ini dibayang-bayangi kasus yang menyeret Saudi. Banyak kecaman dan ancaman boikot pelaksaan ibadah haji, salah satunya dari Australia. Terkait kematian jurnalis Jamal Khashoggi, Australia menuding Saudi sebagai dalang. Negeri Kanguru itu meminta warganya tidak menjalankan ibadah haji sebagai bentuk protes.

Namun, diberitakan AP, selain kecaman, Saudi juga dipuji akan kemampuannya menyeleng- garakan haji. Wakil Kementerian Haji Abdul Fattah Mashat mengatakan telah melakukan proyek pelapisan aspal agar suhu udara saat siang hari di Arafah hingga Mina tidak begitu panas bagi para jamaah.

Baca juga : Ki Manteb Wayangan Di Istana, Jokowi Disamakan Kresna

Tidak hanya itu, para keluarga korban tewas dan korban selamat penembakan Christchurch, Selandia Baru, juga disambut pihak Kerajaan Arab Saudi dalam ibadah haji tahun ini. Setidaknya, Raja Salman bin Abdulaziz menggelontorkan dana lebih dari 1 juta dolar AS (Rp 14 miliar) untuk menjamu mereka semua.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.