Dark/Light Mode

Wakil Tetap RI Untuk PBB Di Jenewa Febrian Ruddyard

Bangga Punokawan Dan Pandawa Hadir Dalam Buku Marketing Internasional

Kamis, 23 Maret 2023 06:45 WIB
Dubes Febrian A Ruddyard (kiri) dan Hermawan Kartajaya dalam peluncuran buku pemasaran di Jenewa, Swiss. (Foto Tangkapan Layar)
Dubes Febrian A Ruddyard (kiri) dan Hermawan Kartajaya dalam peluncuran buku pemasaran di Jenewa, Swiss. (Foto Tangkapan Layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pakar pemasaran Indonesia Hermawan Kartajaya mengangkat karakteristik Punokawan dan Pandawa dalam buku marketing ke 11 bersama Philip Kotler, The Father of Marketing. Buku itu berjudul “Entrepreneurial Marketing: Beyond Professionalism to Creativity, Leadership, and Sustainability”, telah diluncurkan secara internasional di World Intellectual Property Organization (WIPO), Jenewa, Swiss, Senin (20/3).

Dalam pembukaan itu, Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional lainnya di Jenewa, Duta Besar Febrian A Ruddyard, mengapresiasi dan merasa bangga karena buku itu menggunakan local wisdom untuk menggambarkan situasi terkini dunia.

Baca juga : Mak Ganjar Bantu Nono Si Bocah Pintar Yang Juara Matematika Internasional

“Konsep-konsep ini mengantar dan merupakan highlight kerja kami di Jenewa. Pasalnya, inovasi dan kreativitas menjadi bahan bakar dari kekayaan intelektual yang dikerjakan World Intellectual Property Organization,” jelas Febrian.

Hermawan juga mengaku sangat bangga dapat membawa sejumlah karakter pewayangan Indonesia tersebut mendunia di era digital ini, lewat bukunya.

Baca juga : Bamsoet Dukung Bandara Hang Nadim Batam Jadi Hub Kargo Internasional

Buku Entrepreneurial Marketing itu mengadopsi landasan dari model Omnihouse terdiri dari dua klaster. Yakni entrepreneurial dan professionalism.

 Klaster entrepreneurial terdiri dari unsur Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership (CI-EL) yang merupakan simbol dari Punokawan, yaitu Bagong, Petruk, Gareng, dan Semar. Selain itu, klaster professionalism terdiri dari unsur Productivity, Improvement, Professionalism, dan Management (PI-PM), yang merupakan simbol dari Pandawa, yaitu Nakula-Sadewa, Arjuna, Bhima, dan Yudhisthira.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.